PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DENGAN METODE SHIBGHAH

Achmad Djauhari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dengan metode shibghah sebagai suatu Model Pendidikan Karakter. Penelitian dilakukan di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 15 Januari 2019 sampai dengan 13 Pebruari 2020. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menempatkan manusia sebagai subyek utama dalam peristiwa sosial budaya. Subyek dimaksud adalah mahasiswa dan pimpinan Muhammadiyah. Pengumpulan data menggunakan teknikwawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tiga tahap analisis, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, dan penggambaran kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini, pertama, Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dapat dikembangkan menjadi model Pendidikan karakter dalam rangka mewujudkan sarjana yang memiliki ghirah sebagai muslim kaaffah dan Islam berkemajuan. Kedua, Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta telah memiliki budaya yang mencirikan kampus Islami dan dikelola sesuai dengan standard Manajemen Pendidikan Islam, sehingga diharapkan dapat memberikan konstribusi
nyata dan efektif bagi pelaksanaan Pengembangan Model Pendidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Metode Shibghah. Terakhir, ketiga, Model Pedidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Metode Shibghah dapat dijadikan sebagai model pendidikan karakter yang dapat melahirkan sarjana muslim sekaligus sebagai kader Persyarikatan Muhammadiyah dengan Karakter Islam Berkemajuan.

 


Keywords


Al Islam Kemuhammadiyahan; Metode Sibghah; Pendidikan Karakter;

Full Text:

PDF

References


Chusnan Yusuf, dkk. 2014. 6 Dimensi Kuliah Kemuhammadiyahan, Jakarta: Univ. Muhammadiyah Jakarta.

Fahriyansyah, 2018. Filosofis Komunikasi Qoulan Syakila, Jurnal al Hadlarah. Vol.17 No .34, Banjarmasin.

Faisal, Sanapiah. 1999. Dasar dan Tehnik Penelitian Keilmuan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Farid Setiawan, dkk. 2010. Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Pyramedia.

Haedar Nashir, 2010, Muhammadiyah Gerakan Pembaruan, Suara Muhammadiyah, Yogyakarta.

Ikhwanuddin. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras dan Kerjasama dalam Perkuliahan. Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Karakter. FT. U.N. Yogyakarta,Th. II. No.2.

Imron Fauzi. 2012. Manajemen Pendidikan ala Rasulullah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

M. Abdul Halim Sam. 2017. Manifesto Gerakan Intelektual Profetik IMM. (Edisi Refisi). Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mahmudin Sudin. 2019. Karakter Pendidik Muhammadiyah. Yogyakarta: CV. Tangan Emas.

Majelis Pendidikan Kader, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2015. Sistem Pengkaderan Muhammadiyah. Yogyakarta.

Majelis Tarjih dan Tajdidi, Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2018. Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah (3). Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Noor Amirudin. 2016. Peran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gesik, Jurnal Didaktika, vol. 23 no. 1.

Said Hawa. 1998. Intisari Ihya’ Ulumuddin al Ghazali. Alih Bahasa Aunur Rafiq. Jakarta: Robbani Press.

Salim, Abdullah, 1994, “Akhlaq Islam, Membina Rumah Tangga dan Masyarakat”, (Media Da’wah, Jakarta).

Suradika, Agus, Dirgantara Wicaksono. (2019). Metodologi Penelitan. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III: Refleksi dan Reformasi. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.93-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ