PERBAIKAN FASILITAS KERJA PADA PROSES PEMOTONGAN MAINAN TAMAN KANAK- KANAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (Studi Kasus di Cv. Mataram Indah, Yogyakarta)

Tri Saputra, Agung Kristanto

Abstract


CV.Mataram Indah adalah perusahaan  yang bergerak di bidang kerajianan mainan untuk Taman Kanak-kanak. Salah satu proses produksi adalah  pemotongan dengan menggunakan  mesin gergaji. Operator  bekerja dalam kondisi layout yang tidak teratur dan posisi kerja yang tidak ergonomis sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan pada bagian tubuh tertentu yaitu pada bagian pergelangan tangan, siku, lengan, punggung dan lutut. Waktu  yang dibutuhkan untuk memotong bahan MDF tebal 1 cm dan lebar 3 cm dibutuhkan waktu rata-rata 6,47 menit sehingga produktivitas mesin masih rendah yaitu sebesar 6,4 mdf/ jam. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki fasilitas kerja pada proses pemotongan mainan yang ergonomis untuk meningkatkan produktivitas.

                Pada penelitian ini menggunakan data antropometri sebagai penentuan ukuran dimensi mesin gergaji. Perancangan ulang mesin gergaji bertujuan untuk meminimalkan keluhan operator. Dengan menggunakan aspek ergonomis sebagai bahan pertimbangan dalam perancangan sehingga lebih efektif dan nyaman dalam proses produksi.

                Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa, waktu proses mesin yang sekarang rata-ratanya sebesar  3,77 menit dan produktivitasnya sebesar 11,32 mdf/ jam dengan layout yang sudah disesuaikan, penempatan denda kerja lebih teratur dibandingkan sebelum perancangan. Untuk kenyamanan operator mengalami peningkatan sebesar 77,33 % dari awal keluhan bagian pergelangan tangan, siku, lengan, punggung dan lutut sekarang tinggal pada bagian lutut. Sedangkan untuk layout fasilitas kerja ditambahkan tempat pemisah antara benda yang sudah dipotong dengan yang belum dipotong serta kursi yang lebih adjustable atau bisa disesuaikan dengan kondisi operator.

Kata kunci: Mesin Gergaji,  Ergonomi, Antropometri, Produktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.3.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ