Perancangan Prototype Alat Pengumpulan Bola Tenis Meja Untuk Alat Bantu Latihan Pemain Di PTM GNR Menggunakan Metode Rasional

Dhiki Saputra, Renty Anugerah Mahaji Putri, Nelfiyanti Nelfiyanti

Abstract


Persatuan Tenis Meja (PTM) Gading Nias Residence (GNR) merupakan suatu tempat perkumpulan organisasi yang memiliki minat yang sama pada kegiatan olahraga tenis meja. Selain itu PTM GNR juga terdapat pelatihan bola banyak yang ditujukan untuk menyalurkan bakat pemain yang dapat meningkatkan permainan bagi pemain. Pada saat proses latihan terdapat permasalahan yaitu berdasarkan hasil dari kuesioner dengan 4 pemain yang melakukan latihan di PTM GNR, proses pengumpulan bola tenis meja masih secara manual dan sederhana dengan kedua tangan sehingga pemain merasa tidak nyaman dan pegal pada proses pengumpulan bola. Waktu latihan untuk latihan bola banyak yaitu dalam satu kali latihan terdapat 4 sesi latihan bagi satu pemain, biasanya dalam 1 sesi latihan pemain menggunakan waktu 10-15 menit untuk latihan bola banyak. Biasanya dalam satu kali sesi latihan pemain mengumpulkan sebanyak 25 s/d 50 bola. Dengan hal tersebut menyebabkan dapat terjadinya kecelakaan atau keluhan Mukuloskeletal bagi pemain yang melakukan latihan bola banyak. Hasil dari perancangan produk prototype alat pengumpulan bola tenis meja menggunakan metode rasional berakhir dengan hasil yang baik karena keluhan muskuloskeletal yang dirasakan pemain yang melakukan latihan dapat dilihat dengan hasil dari kuesioner Nordic Body Map (NBM) dengan hasil kuesioner yang dominan pada skor sebesar 4 denga kriteria tidak nyeri, hasil tersebut menunjukan tidak adanya keluhan yang dirasakan pemain pada saat implementasi menggunakan alat pengumpulan bola tenis meja. Hasil perancangan juga menunjukan peningkatan waktu yang signifikan dengan total waktu rata-rata sebesar 12 menit setelah menggunakan alat pengumpulan bola tenis meja.


Keywords


Latihan Tenis Meja, Postur Pemain;Perancangan Alat Bantu;Metode Rasional

Full Text:

PDF

References


Rosnani Ginting., Muhammad Khatami. 2019. “Perancangan Produk dengan Menggunakan Nigel Cross”. Sumatera Utara: Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Putran Julian., Nuzuli., & Masri. 2015. “Hubungan Power Otot Lengan Dengan Keterampilan Bermain Tenis Meja Pada Klub Atlet Indonesia Muda Tahun 2013”. Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.

Iridiastadi, Hardianto., & Yassierli. 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ginting, Rosnani. 2010. Perancangan Produk.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarwaka. 2010. Ergonomi Industri (Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja). Surakarta: Harapan Offset.

Juhana, Ohan., & Suratman, M. 2000. Menggambar Teknik Mesin Dengan Standar ISO. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mahyudi, Pitro, Asep., & Donie. Pengaruh Metode Latihan Multiball Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive. Padang: Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Sriyanto., & Adwitya, Widhi. Analisis Postur Kerja Menggunakan Metode Ovako Work Posture Analysis System (OWAS) (Studi Kasus: PT Sanggar Sarana Baja Transporter). Semarang: Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Rozik, Ainur, Muhammad. Perancangan Dan Analisis Kekuatan Rangka Mesin Pengayak Pasir Menggunakan Autodesk Inventor 2019. Surabaya: Program Studi Teknologi Manufaktur, Fakultas Vokasi Univesitas 17 Agustus 1945.

Yuliarty, Poppy., Permana, Teguh., & Pratama, Ade. Pengembangan Desain Produk Papan Tulis Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jakarta: Program Studi Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.9.1.71-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ