PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATAKULIAH AL- ISLAM II DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Didi Sunardi, Nelfiyanti Nelfiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan partisipasi mahasiswa dan sekaligus meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar serta meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Al-Islam II. Di samping itu penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan model tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah mahasiwa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif menghasilkan 1) peningkatan partisipasi mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) 2) Respon yang positif dari mahasiswa karena proses pembelajaran lebih hidup dan bermakna. 3) meningkatnya hasil belajar mata kuliah Al-Islam 2.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1996. guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Harahap, S. S. 1993. Teori akuntansi. Edisi revisi. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Pasaribu, L. & Simanjuntak, B. 1993. Proses belajar mengajar (PBM). Edisi kedua. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Sujana, N. & Arifin. 1988. Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Winkle, W. S. 1987. Psikologi pengajaran. Jakarta: Gamedia Pusaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.2.2.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ