PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATAKULIAH AL- ISLAM II DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Penulis

  • Didi Sunardi Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nelfiyanti Nelfiyanti Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/jisi.2.2.1-8

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan partisipasi mahasiswa dan sekaligus meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar serta meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Al-Islam II. Di samping itu penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan model tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah mahasiwa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif menghasilkan 1) peningkatan partisipasi mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) 2) Respon yang positif dari mahasiswa karena proses pembelajaran lebih hidup dan bermakna. 3) meningkatnya hasil belajar mata kuliah Al-Islam 2.

Biografi Penulis

Didi Sunardi, Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nelfiyanti Nelfiyanti, Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Ali, M. 1996. guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Harahap, S. S. 1993. Teori akuntansi. Edisi revisi. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Pasaribu, L. & Simanjuntak, B. 1993. Proses belajar mengajar (PBM). Edisi kedua. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Sujana, N. & Arifin. 1988. Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Winkle, W. S. 1987. Psikologi pengajaran. Jakarta: Gamedia Pusaka Utama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-08-01

Terbitan

Bagian

Articles