PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI PADA PT XYZ DENGAN METODE BALANCED SCORECARD

Ghea Okta Audina, Christanto Triwibisono2, Atya Nur Aisha

Abstract


PT XYZ merupakan salah satu perusahaan teknologi yang mengembangkan solusi teknologi yang terkait dengan bisnis. Dengan usia perusahaan yang masih tergolong muda, memaksa perusahaan memiliki strategi dalam meningkatkan performansi bersaingnya baik secara eksternal maupun internal. Untuk peningkatan performansi internal, diperlukan perbaikan kinerja perusahaan, dapat dilakukan dengan cara merancang manajemen kinerja. Salah satu proses dari manajemen kinerja adalah pengukuran kinerja. Berdasarkan hasil observasi, saat ini perusahaan hanya melakukan pengukuran kinerja dari perspektif keuangan dan karyawan saja, dan pengukuran tersebut hanya dijadikan database saja oleh perusahaan, dan tidak dapat menjawab kebutuhan perusahaan dalam pencapaian visi misi perusahaan dengan kondisi tingkat persaingan yang semakin kuat. Oleh karena itu, diperlukannya pengukuran kinerja untuk meningkatkan performansi kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard.
Untuk memperoleh usulan sistem pengukuran kinerja, diawali dengan merancang strategi berdasarkan analisis SWOT, mengelompokkan Critical Success Factors dari sasaran strategi, menyusun Key Performance Indicator sebagai indikator pengukuran, melakukan pembobotan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat 7 sasaran strategi, 13 CSF, dan 17 KPI. Bobot tertinggi terdapat pada perspektif pelanggan sebesar 36,41%, keuangan 24,13%, pertumbuhan dan pembelajaran 23,61%, dan internal proses bisnis 15,85%.


Keywords


Balanced Scorecard , KPI , Pengukuran Kinerja

Full Text:

PDF

References


Alharbi, F., Atkins, A., Stanier, C., & Al-Buti, H. A. (2016). Strategic Value of Cloud Computing in Healthcare Organisations Using the Balanced Scorecard Approach: A Case Study from a Saudi Hospital. Procedia Computer Science, Volume 98, 332-339.

Artley, W., Ellison, D., & Kennedy, B. (2001). The Performance-Based Management: Estabilishing and Maintaining a Performance-Based Management Program. University of California.

Aryane, & Norita. (2015). Pengaruh Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Manajer (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Telkom Periode September 2014 - September 2015).

Bititci, U. C. (1997). Integrated Perfomance Measurement System: A Development Guide. International Journal of Operations & Production Management.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). Balanced Scorecard: Menetapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Niven, P. R. (2002). Balanced Scorecard Step by Step: Maximizing Performance and Maintaining Results. John Wiley & Sons, Inc.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rifky, M. R., Praptono, B., & Iqbal, M. (2015). Pengukuran Kinerja CV.Jiggy Sentosa Menggunakan Metode Balanced Scorecard.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.4.2.93-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ