Strategi Pengembangan Kemasan Makanan Untuk Mendukung Prilaku Konsumen Ramah Lingkungan Dengan Menggunakan Metode SWOT

N Nelfiyanti, E Ernyasih, Ratri Ariatmi Nugrahaini, Andry Setiawan, Muhammad Aditia Al-Hafidz

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir, permasalahan lingkungan hidup semakin mendapat perhatian, sehingga mendorong masyarakat dan perusahaan untuk mencari solusi yang lebih berkelanjutan. Salah satu permasalahan yang memprihatinkan adalah penggunaan kemasan pangan yang ramah lingkungan. Pencemaran lingkungan meningkat secara signifikan dengan penggunaan kemasan sekali pakai atau plastik tradisional, terutama jika menyangkut sampah yang sulit terurai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan kemasan makanan ramah lingkungan dengan pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) guna mendukung perilaku konsumen yang lebih sadar lingkungan. Kemasan makanan ramah lingkungan semakin menjadi perhatian seiring meningkatnya kesadaran akan dampak limbah plastik terhadap ekosistem. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi. Responden dalam penelitian ini mencakup konsumen, produsen makanan, serta ahli lingkungan hidup dan desain kemasan. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode SWOT diperoleh bobot IFE (Internal Factor Evaluation) sebesar 0,33 sedangkan pada EFE (Eksternal Factor Evaluation) sebesar 0,05. Berdasarkan bobot yang telah diperoleh pengembangan kemasan ramah lingkungan ini masuk dalam kuadran 1 dan dapat menggunakan strategi growth oriented strategy

Keywords


Analisis SWOT, Kemasan Makanan, Ramah Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Cai, J., Hafeez, M. A., Wang, Q., Farooq, S., Huang, Q., Tian, W., & Xiao, J. (2022). Biopolymer-based functional films for packaging applications: A review. Frontiers in Nutrition, 9(August), 1–20. https://doi.org/10.3389/fnut.2022.1000116

Belal Dahiam Saif Ghaleb. (2024). The Importance of Using SWOT Analysis in Business Success. International Journal of Asian Business and Management, 3(4), 557–564. https://doi.org/10.55927/ijabm.v3i4.10857

Coury, A. J. (2013). Chapter II.4.2 - Chemical and Biochemical Degradation of Polymers Intended to be Biostable (B. D. Ratner, A. S. Hoffman, F. J. Schoen, & J. E. B. T.-B. S. (Third E. Lemons (eds.); pp. 696–715). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-08-087780-8.00060-7

Fisher, G., Wisneski, J. E., & Bakker, R. M. (2020). SWOT. In G. Fisher, J. E. Wisneski, & R. M. Bakker (Eds.), Strategy in 3D: Essential Tools to Diagnose, Decide, and Deliver (p. 0). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780190081478.003.0011

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IMB SPSS 23 (Edisi 8). Universitas Diponegoro.

Hughes, H. A. (2013). Chapter 24 - Food Packaging Machinery (M. B. T.-H. of F. Kutz Dairy and Food Machinery Engineering (Second Edition) (ed.); pp. 667–690). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-385881-8.00024-0

Irham, F. (2014). Manajemen Strategis : Teori Dan Aplikasi. Alfabeta.

Kemenprin. (2020). Kemenperin: Desain Kemasan Produk IKM Perlu Dukung Protokol Kesehatan. https://www.kemenperin.go.id/artikel/21965/%0AKemenperin:-Desain-Kemasan-Produk-IKM-Perlu-Dukung-Protokol%02Kesehatan

Ketelsen, M., Janssen, M., & Hamm, U. (2020). Consumers’ response to environmentally-friendly food packaging - A systematic review. Journal of Cleaner Production, 254. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120123

Kumar, S., & Praveena. (2023). SWOT ANALYSIS. International Journal of Advanced Research (IJAR), 11(9), 744–748. https://doi.org/10.21474/IJAR01/17584

Nguyen, A. T., Parker, L., Brennan, L., & Lockrey, S. (2020). A consumer definition of eco-friendly packaging. Journal of Cleaner Production, 252, 119792. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119792

Oloyede, O. O., & Lignou, S. (2021). Sustainable paper-based packaging: A consumer’s perspective. Foods, 10(5). https://doi.org/10.3390/foods10051035

Popovic, I., Bossink, B. A. G., & van der Sijde, P. C. (2019). Factors influencing consumers’ decision to purchase food in environmentally friendly packaging: What do we know and where do we go from here? Sustainability (Switzerland), 11(24), 1–22. https://doi.org/10.3390/SU11247197

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cetakan Ke). Gramedia Pustaka Utama.

Setiawardani, M., Sarah, I. S., Tiorida, E., Gaffar, M. R., & Mulyawan, I. (2021). Journal of Applied Business Administration DELIVERY FOOD PACKAGING : THE IMPORTANCE OF MATERIAL , DESIGN , AND PRODUCT INFORMATION. Journal of Applied Business Administration, March, 95–104.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.11.2.255-264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ