ANALISIS KINERJA LAYANAN KASIR PADA SISTEM ANTRIAN G(t)/G(t)/s : STUDI KASUS SUPERMAKET “XYZ” YOGYAKARTA

Utaminingsih Linarti, Feby Zarratina Hadi

Abstract


Supermaket “XYZ” merupakan salah satu yang terbesar di Kota Yogyakarta. Berdasarkan data observasi awal, pola kedatangan pelanggan pada supermaket memiliki pola kedatangan akhir waktu. Tingkat kedatangan pelanggan akan meningkat mendekati supermaket tutup, hal tersebut menjelaskan adanya pola tingkat kedatangan pelanggan yang bergantung pada waktu (non-stationary). Terdapat 2 shift pada pelayanan kasir. Jumlah kasir yang disediakan pada shift 1 sebanyak 10 unit, sedangkan pada shift 2 sebanyak 14 unit setiap harinya. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan jumlah kasir untuk kedua shift tersebut. Panjang antrian selama sistem dibuka memiliki rata-rata sebanyak 5 pelanggan. Perlu dilakukan kajian terhadap kinerja antrian pada layanan kasir berdasarkan tingkat kedatangan pelanggan yang berubah berdasarkan waktu. Terdapat tiga periode waktu yang terbentuk berdasarkan hasil plotting data jumlah kedatangan setiap menit, yaitu waktu kedatangan periode 1 adalah menit ke 1 hingga 333, periode 2 adalah menit ke 334 hingga 525 dan periode 3 adalah menit ke 526 hingga 720. Berdasarkan pengolahan data sistem antrian untuk ketiga periode diperoleh l(1) dan m(1) adalah 3,02 dan 5,24, l(2) dan m(2) adalah 4,45 dan 4,57, dan l(3) dan m(3) adalah 5,04 dan 2,25. Waktu pelayanan kasir berbeda pada setiap periode. Besarnya nilai tingkat kesibukan kasir pada periode 1 adalah 158%, periode 2 adalah 202% dan periode 3 adalah 81%. Perbedaan waktu pelayanan tersebut dapat dipengaruhi oleh kecepatan kasir dalam memberikan pelayanan dan tersedianya personil lain yang membantu kasir. Sedangkan nilai tingkat kesibukan dengan penyelesaian time dependen adalah 167%, hal tersebut menunjukkan perbedaan tingkat kesibukan yang  tinggi.   

 


Keywords


antrian G(t)/ G(t)/ s, layanan kasir, non-stationary

Full Text:

PDF

References


Taha, H.A. 2007. Riset Operasi : Suatu Pengantar. Jilid 2. Terjemahan Daniel Wirajaya, Banipura Angkasa, Jakarta.

Gross, Donald & Harris, Carl M. 1998. Fundamentals of Queueing Theory. 3rd.ed. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Jennings, O,B, Mandelbaum, Massey, W, A. Whitt, W. 1996. Server Staffing to Meet Time Varying Demand. Management Science 42(10) : 1383-1394.

Mustova, Asmaludin. 2010. Pengembangan Model Matematis Sistem Antrian Single Phase dengan Pendekatan Time Dependent Periodik. Skripsi, Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Schwarz, J.A., Selinka, G., Stolletz, R. 2015. Performance Analysis of Time Dependent Queueing System : Survey and Classification. Chair of Production Management, Business School, University of Mannheim, Germany




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.5.1.19-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ