RANCANGAN PROGRAM PENINGKATAN KELULUSAN TEPAT WAKTU MAHASISWA TINGKAT SATU PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE KNOWLEDGE CONVERSION 5C-4C
DOI:
https://doi.org/10.24853/jisi.5.2.81-90Keywords:
Tingkat satu di Universitas, Prestasi Belajar, Knowledge Conversion 5C-4CAbstract
Program Studi Teknik Industri merupakan prodi di Universitas Telkom yang terakreditasi A sehingga menjadi prodi yang diminati oleh calon mahasiswa baru. Terbukti dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa sebesar 24% pada tahun 2015. Peningkatan jumlah mahasiswa tidak sebanding lurus dengan pencapaian kelulusan tepat waktu di tingkat satu karena terjadi penurunan sebesar 13,34%. Ketua Prodi TI mengatakan bahwa keterlambatan lulus tingkat satu dapat mempengaruhi akreditasi program studi. Keterlambatan lulus tingkat satu dapat dilihat dari IP, IPK, dan nilai huruf setiap mata kuliah tingkat satu. Ketiga hal tersebut merupakan bentuk dari prestasi belajar seorang mahasiswa. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini, faktor yang diidentifikasi untuk diketahui keterkaitannya dengan prestasi belajar yaitu faktor dosen, motivasi belajar, strategi belajar, asal sekolah dan kota, kegiatan yang dilakukan mahasiswa ketika di tingkat satu, dan tunjangan beasiswa ketika ditingkat satu. Faktor-faktor tersebut diidentifikasi menggunakan knowledge conversion 5c-4c dengan cara mengkonversikan data menjadi informasi dengan diberi 5 nilai tambah yaitu contextualized, categorized, calculated, corrected dan condensed. Kemudian mengkonversikan informasi menjadi knowledge dengan diberi 4 nilai tambah yaitu comparison, consequences, connection, dan conversation. Berdasarkan hasil knowledge conversion, program yang dapat meningkatkan ketepatan waktu lulus tingkat satu di periode selanjutnya dengan cara melalui seminar mengenai self-awareness dan goal setting, pertemuan terjadwal dengan dosen wali, dan cara dosen dalam mengajar.References
Crumpton, H., & Gregory, A. 2011. I’m not
learning: The role of academic relevancy
for low-achieving students. Journal of
Educational Psychology, 104, 42–53.
Davenport, T., & Prusak, L. 1998. How
Organization Manage What They Know
Working Knowledge.
Duta, N., Panisoara, G., & Panisoara, I. 2014.
The Effective Communication in
Teaching. Diagnostic study regarding the
academic learning motivation to Students.
Procedia Social and Behavioral Sciences.
Kuh, dkk. 2006. What Matters to Student
Success: A Review of the Literature,
Commissioned Report for the National
Symposium on Postsecondary Student
Success.
Liebowitz, J. 1999. Learning from
Knowledge Engineering.
Knowledge Management.
Pintrich, P. & Schunk, D..1996. The Role of
Expectancy and Self-Efficacy Beliefs
Motivation in Education: Theory,
Research & Applications. Englewood
Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Slamento. 2003. Belajar dan Faktor-
Faktor yang Memengaruhinya.
Jakarta, Rineka Cipta.
Trevino, N., dan DeFreitas, S.C. 2014.
The relationship between intrinsic
motivation and academic
achievement for first generation
Latino college students. Soc Psychol
Educ, No.17, pp.293-306.
Universitas Telkom. 2015. Pedoman
Akademik Universitas Telkom.
[Online] Available at: https://telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Pedoman_AkademikTel-U [Accessed 04 Maret 2018].
Zimmerman, B. J. 2000. Self-efficacy: An
essential motive to learn.
Contempoary Educational
Psychology, 25, 82 –91.
doi:10.1006/ceps.1999.1016
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the JISI UMJ retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the JISI UMJ have unrestricted publication rights. The authors give the JISI UMJ the right to publish the article and designate the Industrial of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Industrial Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.