USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE DI POLIKLINK KANDUNGAN DAN POLIKLINK ANAK

Vera Devani, Sri Nurlinda Sari

Abstract


Poliklink Kandungan dan Poliklink Anak merupakan Poliklinkyang ada di salah satu rumah sakit swasta. Sebagian besar fasilitas layanannya diperuntukkan bagi pasien peserta BPJS. Lean adalah suatu upaya perbaikan terus-menerus untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatakan nilai tambah (value added) baik produk maupun jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis waste yang terjadi selama pelayanan pasienpeserta BPJS rawat jalan dengan menggunakan konsep Lean Healthcaredan memberikan rekomendasi perbaikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan nilai PCE diperoleh jenis waste  yang terbesar adalah waste waiting saat pasien menunggu untuk diperiksa oleh dokter.Nilai  PCE (Process Cycle Efficiency) Poliklink Kandungan sebesar 27,78% dan Poliklink Anak 24,26%. Setelah dilakukan perbaikan diperoleh peningkatan PCE(Process Cycle Efficiency)sebesar 74,31% diPoliklink Kandungan dan 71,33% diPoliklink Anak. Usulan tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah meningkatkan kecepatan dan ketepatan kerja kryawan, menjalankan peraturan yang ditetapkan, memberikan pelatihan kerja terhadap karyawan, dan membuat sistem pendaftaran ke setiap poliklinik secara online.


Keywords


Kualitas Jasa;Lean;Waste

Full Text:

PDF PDF

References


Gaspersz, Vincent. 2006. Continuous Cost Reduction Through Lean-Sigma Approach. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ibrahim, Buddy. 1997.TQM (Total Quality Management). Djambatan.

Idris, Fachmi. 2011. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan.

Kristianto, Heru. Penerapan New QC Seven Tools Untuk Perbaikan Kerusakan Produk Resonator di PT.PI. Skripsi Jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta. 2009.

Marlyana, Novi. Upaya Peningkatan Kinerja Melalui Penerapan Metode Lean Six Sigma Guna Mengurangi Non Value Adedd Activities. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-2 UNISSULA Semarang. 2011.

Sondalini, Mike. “Understanding How to Use The 5-Whys for Root Cause Analysis”. E-book Lifetime Reliability. 2015.

Sutalaksana, Iftikar, dkk. 2006. Teknik Tata Cara Kerja dan Ergonomi. Bandung: Departemen Teknik Industri ITB.

Wasetya, Dwiyani. Alur Proses Unit Rawat Jalan dengan Mengaplikasikan Lean Hospital Di RS Marinir Cilandak. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Jakarta. 2012.

Wijaya, Toni. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. PT Indeks Jakarta. 2011.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.5.2.131-138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ