ANALISIS PENGEMBANGAN PELAYANAN JASA TV KABEL MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Rizka Lestari, Siti Wardah, Khairul Ihwan

Abstract


Pengembangan Pelayanan Jasa sangat penting dilakukan melihat kebutuhan dan keinginan pelanggan serta pasar yang selalu mengalami siklus perubahan. Untuk dapat melakukan perancangan dan pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang efektif dan efisien harus disertai tools dan metode yang tepat. Kesesuaian antara spesifikasi dan parameter mutu produk dengan keinginan pelanggan merupakan pertimbangan penting dalam melakukan perancangan produk. Kemampuan desain dan proses produksi merupakan pembatas untuk menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menterjemahkan kebutuhan konsumen kedalam karakteristik produk serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhinya. Dari hasil pengolahan data dan analisa, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan wawancara dan survey terhadap pelanggan diperoleh penilaian terhadap atribut rancangan adalah : (1) Kelengkapan tayangan dengan derajat kepentingan sebesar 7,8 ; (2) Harga terjangkau dengan derajat kepentingan sebesar 7,6 ; (3) Siaran sesuai kebutuhan dengan derajat kepentingan sebesar 7,5 ; (4) Pelayanan dengan derajat kepentingan sebesar 7,4 ; dan (5) Kualitas dengan derajat kepentingan sebesar 7,3. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pelanggan mementingkan kelengkapan dari tayangan dan harga yang terjangkau.


Keywords


Quality Function Deployment (QFD); Pelayanan Jasa; kebutuhan dan keinginan

Full Text:

PDF

References


Djunaidi, M. 2012. Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Quality Function Deployment

Hadrin, D. 2014. Tinjauan Yuridis Pengaturan Televisi Kabel Di Kota Makassar.

Ihwan, K Dan Minarni. 2012. Bantal Keamanan Berkendaraan Bagi Wanita Hamil ( Studi Kasus Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau )Seminar Nasional Ergonomi 2012.

Jaelani, E. 2012. Perencanaan Dan Pengembangan Produk Dengan Quality Function Deployment (Qfd). Vol. IV Nomor.1 Mei 2012.

Midayanti, S. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Servqual Dan Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Pada Stasiun Gubeng Surabaya).

Noor, AM Dan Arifin,I.2000. Otomatisasi Pembuatan House Of Quality Pada Quality Function Deployment. ( Jurnal). Universitas Gunadarma, Depok.

Putri , RA. Analisis Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode Quality Function Deployment (Qfd). Jurnal Industria Vol 4 No 1 Hal 41 – 52. Universitas Brawijaya, Malang.

Rahman, A Dan Supomo, H. 2012. Analisa Kepuasan Pelanggan Pada Pekerjaan Reparasi Kapal Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1, No. 1(Sept. 2012) ISSN: 2301-9271.

Sakti Aji, B. 2013. Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Quality Function Deployment ( Studi Pada Pt. Kai (Persero) Daop 4 Semarang Kelas Bisnis Utama ). (Skripsi). Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Theodore, B. 2007. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Jasa Internet Kabel Pada PT. Jogja Medianet. (Skripsi). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.7.1.57-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ