Strategi Persaingan Jamu Gunanty Menggunakan Matriks: Internal Eksternal, Bowman Strategy, Grand Strategy dan Profil Kompetitif

Puti Annisa Nowira, Rianita Puspa Sari

Abstract


Jamu Gunanty memiliki pangsa pasar yang cukup luas, namun tidak menutup kemungkinan ada kompetitor yang bergerak dalam bidang yang sama. Keberhasilan perusahaan dalam persaingan yang semakin kompetitif tergantung pada keunggulan bersaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor penentu keberhasilan, posisi bersaing, serta merumuskan alternatif strategi bersaing pada UMKM Jamu Gunanty. Analisis Strategi Persaingan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Competitive Profile Matrix (CPM), Internal External (IE), Grand Stratagy dan analisis Bowman Strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai bobot matriks Internal Factor Evaluation (IFE) sebesar 2,75 (relatif sedang) dan External Factor Evaluation (EFE) 3,01 (posisi kuat). Pada matriks Internal External (IE) strategi yang harus dilakukan adalah growth and build. Pada matriks kompetitif Jamu Gunanty dengan menggunakan dua kompetitor berada pada posisi kedua atau tengah. Posisi bersaing berdasarkan matriks bowman strategy, Jamu Gunanty berada pada posisi hybrid (harga relatif murah, nilai produk standar).


Keywords


IE, CPM, Grand Strategy, Bowman, UMKM

Full Text:

PDF

References


Adjie, N. A. dan A. (n.d.). STRATEGI PEMBAHARUAN PT. FIAN WISATA TOURS & TRAVEL DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS TWOS, SPACE DAN GRAND STRATEGY.

Bowman, C., & Ambrosini, V. (2003). How the Resource-based and the Dynamic Capability Views of the Firm Inform Corporate-level Strategy. In British Journal of Management. https://doi.org/10.1111/j.1467-8551.2003.00380.x

David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitve Advantage Approach. In Pearson Education Limited.

Dewi, et al. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI ROTI BALI KENCANA BAKERY, DENPASAR Ni Putu Kiki Vrashinta Dewi 1 , Ni Luh Putu Wrasiati 2 , I Ketut Satriawan 2 1. Jurnal REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI.

Faulkner, D., & Bowman, C. (1992). Generic strategies and congruent organisational structures: Some suggestions. European Management Journal. https://doi.org/10.1016/0263-2373(92)90016-W

Kuntjoroadi, W., & Safitri, N. (2011). Analisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Usaha Penerbangan Komersial. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Birokrasi.

Mahfud, M. H., Setyowati, S., & Utami, N. (2017). Strategi Bersaing Keripik Singkong Cap Gerus Produksi UKM Sumekar Pratiwi Kabupaten Tuban. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. https://doi.org/10.32585/ags.v1i1.36

Nanda, R. P., Ekowati, T., & Wijayanti. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DENGAN ANALISIS SWOT DAN MATRIK BCG DI PT CHINA INTERNASIONAL RAYA LEGOK. Jurnal Teknologi Kimia Dan Industri, 2(1), 1–7.

Nurhasanah, N., & Deliani, O. (2014). Strategi Pengembangan Laboratorium Program Studi Teknik Industri di Universitas Al Azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.36722/sst.v2i1.92

PAHRUDIN, C., & WIBOWO, F. P. (2015). Strategi persaingan usaha angkutan barang PT. Kereta Logistik. Jurnal Manajemen Bisnis ….

Porter, M. E., & van der Linde, C. (1995). Green and Competitive. Environmental Discourse and Practice: A Reader.

Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KECIL MENENGAH PRODUKSI KRUPUK. Teknika : Engineering and Sains Journal. https://doi.org/10.5281/zenodo.1115978

Răduț, C. (2015). “Dimitrie Cantemir” Christian University STRATEGIES OF CHANGE FOR THE HOTEL INDUSTRY. PORTER, KOTLER, BOWMANN POSITIONS. Knowledge Horizons - Economics.

Ramadhan. (2020). Strategi Pemulihan UMKM di Masa New Normal. Asumsi.Co.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. In PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Retnowati, N. D. (2011). Analisis CSF, SWOT dan TOWS Studi Kasus: PT Intan Pariwara Klaten. Jurnal Buana Informatika. https://doi.org/10.24002/jbi.v2i1.306

Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28

Utami, E. M., Ekonomi, F., & Muhammadiyah, U. (2020). Keunggulan Bersaing Dalam Ekonomi Digital Melalui Competitive Advantages in Digital Economy Through the. 16(2), 61–70.

Wheelen, T. L., & Hunger, D. J. (2012). Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability Thirteenth Edition. Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.8.2.53-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ