ANALISIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PANEL ENGINE HOOD OUTER BERKAITAN DENGAN MODIFIKASI DIES PADA MESIN 5A-LINE DI PT. ADM
Abstract
Dalam era globalisasi dewasa ini, produktivitas merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh beberapa perusahaan besar yang sedang berkembang. PT. Astra Daihatsu Motor merupakan perusahaan automotif yang mengalami kemajuan pesat dalam negara ini. Salah satu permasalahan yang muncul adalah rendahnya produktivitas Panel Engine Hood Outer yang di proses di mesin 5A-Line sebesar 72% dimana target dari perusahaan adalah 95%. Penelitian dilakukan pada area press line dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah OMAX (objective matrix). Setelah produktivitas awal diketahui, penanggulangan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Seven Tool dan Eight Steep sampai dengan terpecahkannya masalah utama penyebab rendahnya produktivitas Panel Engine Hood di mesin 5A-Line. Hasil dari perbaikan modifikasi dies didapatkan peningkatan produktivitas Panel Engine Hood Outer sebesar 25%, yaitu dari 72% menjadi 97%. Dari hasil analisa yang dilakukan, problem terbesar disebabkan karena rendahnya cycle time pada Operasi Proses 10 sampai dengan Operasi Proses 30. Perbaikan yang dilakukan guna meningkatkan produktivitas tersebut diperoleh dari analisa diagram Fishbone dan Eight Steps sampai dengan dilakukannya kembali perhitungan produktivitas menggunakan metode Omax. Berkaitan dengan kenaikan tersebut maka didapatkan peningkatan Gross Stroke Per Hour dari 369 menjadi 504 pada mesin 5A-Line.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/jisi.1.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.