ANALISIS RISIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA PABRIK TAHU BAPAK PAIMIN DENGAN METODE HIRA

Santika Sari, Hayati Hayati, Ahmad Dzaki, Wendi Juliansyah, Angger Ridho Safaat

Abstract


Perkembangan dunia usaha khusunya industri pengolahan makanan selalu bersaing untuk meningkatkan produktivitasnya baik dari segi efisiensi waktu, peralatan yang memadai, tenaga kerja yang produktif, kemampuan memproduksi suatu produk dan lain sebagainya. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas produksi adalah tenaga kerja, sehingga diperlukan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik dalam setiap proses produksinya agar kenyamanan dan keselamatan para pekerja dapat terjamin sehingga dapat menghasilkan produk yang maksimal. Pabrik Tahu Bapak Paimin adalah sebuah UMKM yang memproduksi industri pembuatan tahu yang berlokasi di Jl. H. Kamang bawah, No.11, Pd. Labu, Jakarta Selatan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko kecelakaan kerja pada Pabrik Tahu Bapak Paimin dan memberikan solusi yang tepat dari risiko yang ditemukan. Identifikasi kecelakaan kerja dilakukan dengan menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assement (HIRA). Metode HIRA dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap pertama melakukan identifikasi terkait potensi bahaya kerja, tahap kedua menganalisis resiko berdasarkan potensi bahaya kerja dan tahap ke 3 menentukan akibat dari resiko tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan 45 resiko potensi bahaya pada proses pembuatan tahu di Pabrik Tahu Bapak Paimin untuk kategori resiko rendah sebesar 60%, kategori resiko sedang sebesar 15,56% dan kategori resiko tinggi sebesar 24,44%.

 


Full Text:

PDF

References


Anis, M., Wijaya, G.G., Muslimah, E. (2015). Implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Industri Batik (Studi Kasus di Industri Batik “GT” Laweyan Surakarta). Seminar Nasional IENACO – 2015. ISSN 2337-4349

Darmawan, R., Ummi, N., dan Umyati, A. (2017). Identifikasi Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Hazard Identification And Risk Assessment (HIRA) di Area Batching Plant PT XYZ. Jurnal Teknik Industri, Vol. 7 No.3, Hal. 308 – 313.

Fathimahhayati, L.D., Wardana, M.R., dan Gumilar, N.A. (2019). Analisis Resiko K3 Dengan Metode HIRARC Pada Industri Tahu dan Tempe Kelurahan Selili, Samarinda. Jurnal Rekavasi, Vol. 7 No. 1, 2019, Hal 62 – 70.

Mariawati, A.S., Umyati, A., dan Andiyani, F. (2017). Analisis Penerapan Keselamatan Kerja Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assessment (HIRA) Dengan Pendekatan Fault Tree Anlysis (FTA). Journal Industrial Servicess, Vol 3c No. 1, Hal. 293 – 300.

Panjaitan, N. (2017). Bahaya Kerja Pengolahan RSS (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Metode Hazard Identification And Risk Assessment di Pt. PQR. Jurnal Sistem Teknik Industri, Vol.19 No.2, Hal. 50 – 57.

Prasetyo, E.H., Suroto., dan Kurniawan, B. (2018). Analisis HIRA (Hazard Identification And Risk Assessment) Pada Instansi X di Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 6 No. 5, Hal. 519 – 528.

Rawis, T.D., Tjakra, J., Arsjad, T.Tj. (2014). Perencanaan Biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Bangunan (Studi Kasus : Sekolah ST. Ursula Kotamobagu). Jurnal Sipil Statik. Vol.4. No.4. April 2016. (241-252) ISSN: 2337-6732.

Restuputri, D. P., & Sari., R. P. (2015). Analisis Kecelakaan Kerja Dengan Menggunakan Metode Hazard and Operability Study (HAZOP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), 24-35.

Roehan, K.R.A., Yuniar., dan Desrianty, A. (2014). Usulan Perbaikan Sistem ManajemenbKeselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Menggunakan Metode Hazard Identification and Risk Assesment (HIRA). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol. 2 No. 2, Hal. 311 – 321.

Suhardi, B., Laksono, P. W., Ayu, A., Rohani, J. M., & Ching, T. S. (2018). Analysis of the Potential Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) and Hazard Operability Study (HAZOP): Case Study. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.24), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.10.1.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ