USULAN PEMASARAN PRODUK GAWANG BAJU MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QFD (Studi Kasus: UKM AVANDI TEKNIK)

Mohammad Faisal Setyabudi, Moh Dian Kurniawan, Moh Jufriyanto

Abstract


                                                                                ABSTRAK

Masalah yang dihadapi Avandi Teknik UKM adalah munculnya pesaing di bidang yang sama dan memasarkan produknya di bidang pemasaran yang sama. Dapat mengetahui kondisi lingkungan internal serta eksternal UKM berdasarkan analisis SWOT, menentukan atribut yang diprioritaskan pelanggan dan respon teknis yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk menggunakan metode QFD, dan menentukan rekomendasi strategis saat ini. penggunaan metode SWOT (advantages, advantage, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan Quality Function Deployment (QFD). Dari hasil matriks SWOT terlihat bahwa UKM cukup kuat dalam mengembangkan usaha ini serta mempunyai banyak peluang untuk terus berkembang. Akan tetapi, adanya ancaman serta kekurangan menjadi faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik untuk mengembangkan bisnis ini melalui berbagai strategi. Tampilan hasil tabel UKM untuk menggunakan Cara Grow and Build (Tumbuh dan Bina). Di strategi ini biasanya memakai pengembangan produk dan pengembangan pasar sedangkan hasil dari QFD menunjukan bahwa prioritas dari konsumen yang perlu diperbaiki terlebih dahulu ialah desain produk dengan bobot (0,378). Manfaat dalam penelitian ini yaitu Mengetahui keadaan lingkungan internal dan eksternal UKM, Mengetahui apa  yang diinginkan oleh pelanggan dan untuk meningkatkan kualitas produk, Dan Mengetahui usulan strategi untuk UKM kedepanya.

 

Kata Kunci:  Kualitas, Produk, Matriks SWOT, Quality Function Deployment (QFD), UKM Avandi Teknik   


Keywords


Kualitas;Produk;Matriks SWOT; Quality Function Deployment (QFD);UKM Avandi Teknik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. M. H., Dja’WA, A., Ismawati, Wa Ode, D. yant, Karlina, S., Kurniawan, R., Ode, D., Filayana, Arya, M., Ferdiansyah, Waode, N. A., Yuliningsi, S., & Yustian, Y. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Di Tengah Pandemic Covid-19. Communnity Development Journal, 2(1), 76–80.

Alfarisi, M. N., Anggraeni, D., & Sariyoga, S. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN IKAN LELE (Clarias Sp) (Suatu Kasus di UKM Mae Shetie dan UKM Abon Ikan Lele Kota Cilegon). Jurnal Agribisnis Terpadu, 11(1), 68. https://doi.org/10.33512/jat.v11i1.5085

Andriani, D. P., Adnandy, R., Maghlidah, S. T., & Anwar, A. A. (2019). Peningkatan Kualitas Produk IKM Rotan Melalui Perancangan Produk Unggulan dengan Pendekatan Quality Function Deployment. Seminar Dan Konferensi Nasional The 6th IDEC, June, D04.

Andriani, D. P., Choiri, M., & Priharseno, D. (2017). Aplikasi Quality Function Deployment Untuk Redesign Kontainer Penyimpanan Pada Industri Kemasan Kaleng. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 176. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.176-190

Dyana, N. (2020). Analisis Qfd (Quality Function Deployment) Untuk Perbaikan Produk Thai Tea Merek Kaw-Kaw Di Ukm Waralaba Di Landungsari, Malang. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), Vol. 3 No.(2), 153–159.

Herawati, L., Gustopo, D., & Vitasari, P. (2020). Identifikasi Permasalahan Penjualan Dengan Metode SWOT Pada UKM Gula Merah. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 6(1), 17–20. https://doi.org/10.36040/jtmi.v6i1.2625

Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250

Nurul Sabry, A. (2020). RUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (Quantitative Startegic Planning Matrix) (Studi Kasus CV. Bimanda Elektronik Pekanbaru). Jurnal Surya Teknika, 7(1), 118–129. https://doi.org/10.37859/jst.v7i1.2359

Quality, F., & Deployment, F. (2014). Usaha peningkatan pelayanan pt. x supermarket dengan metode. 2(1), 21–27.

Rabilla, R. R., Satria, A., & Yuliati, L. N. (2019). Strategi Pemasaran Lele

Sangkuriang Organik Surya Kencana Farm Kota Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 137. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.137-142

Septiari, E. D. (2018). Perencanaan Strategi Pemasaran Batik di Prawirotaman Menggunakan Analisis SWOT. National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1237

Siregar, I., & Adhinata, K. (2018). Perancangan Produk Tempat Tisu Multifungsi Dengan Menggunakan Quality Function Deployment (Qfd). Jurnal Sistem Teknik Industri, 19(2), 21–29. https://doi.org/10.32734/jsti.v19i2.370

Sugianto, C. A., & Hongdiyanto, C. (2017). Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM Pada Bisnis Sambal Noesantara. Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 2(1), 106–115.

Syamsul, N. I. (2020). Sosialisasi Model House Of Quality Produk Eceng Gondok Dalam Perbaikan Mutu Pada Umkm Rumah Anyamandiri di Kota Makassar. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v3i2.137

Wicaksono (Politeknik APP), A. (2017). Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(2), 204. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i2.54

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo ). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 108–120. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3212




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.9.1.25-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ