Analisis Kinerja dan Daya Saing Pada Lulusan Teknik Industri Fakultas Teknik UMJ
DOI:
https://doi.org/10.24853/jisi.8.1.67-75Keywords:
Kata Kunci, Kinerja, Daya Saing, Mutu LulusanAbstract
Pengukuran kinerja dan daya saing pada lulusan program studi Teknik industri amatlah penting sehingga dapat mengetahui informasi mengenai kekurangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dengan adanya informasi tersebut program studi dapat menyusun evaluasi dan rencana strategi tindak lanjut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner kepada alumni dan pengguna lulusan. Laporan Kinerja Program Studi pada akreditasi sembilan kriteria yang terdapat pada kriteria luaran dan capaian tridharma diantaranya mengenai daya saing lulusan terdiri dari waktu tunggu lulusan dan kesesuaian bidang kerja sedangkan kinerja lulusan terdiri dari kepuasan pengguna berdasarkan etika, keahlian pada bidang ilmu, kemampuan berbahasa asing, penggunaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, pengembangan diri. Hasil pengolahan data waktu tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan adalah 1,36 bulan dan kesesuaian bidang kerja pada lulusan sebesar 86%. Tanggapan pihak pengguna terhadap kinerja lulusan integritas sebagian besar dinilai sangat baik 56%, keahlian bidang ilmu profesionalisme sebagian besar dinilai baik 57%, kemampuan bahasa inggris sebagian besar dinilai baik 64%, keahlian penggunaan teknologi informasi sebagian besar dinilai baik 59%, kemampuan komunikasi sebagian besar dinilai baik 53%, kemampuan kerjasama tim sebagian besar dinilai sangat baik 54%, kemampuan pengembangan diri sebagian besar dinilai baik 61%. Hasil rencana tindak lanjut atas daya saing lulusan adalah mensosialisasikan lapangan kerja sesuai dengan bidang teknik industri, membuat kerjasama dengan perusahaan yang dapat memberikan kesempatan lapangan kerja. Sedangkan kinerja lulusan adalah peningkatan integritas oleh unit AIK, menyelenggarakan seminar dibidang teknik industri, melakukan tes toefl, menggunakan ICT, proses pembelajaran PBLReferences
Arisandy, Y. (2017 ). Mempersiapkan Daya Saing Lulusan Program Studi Perbankan Syariah Melalui Kurikulum KKNI. AL-INTAJ , 26-34.
Diah Ayu Pengastuty, A. M. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. SENAMIKA, (hal. 383-394). Jakarta.
Muhammad Arifin, S. M. (2018). Analisa Tracer Studi Pada Universitas XYZ. Jurnal DISPROTEK, 69-73.
Ni Nyoman Resmi, N. K. (2017). Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta Melalui Analisis SWOT. Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi, (hal. 178-191 ).
Nugraheni, Y. (2018). Analisis Tracer Study Lulusan Politeknik dengan Exit Cohort Sebagai Pendekatan Target Responden. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (hal. 65-71).
Nusrotus Sa'idah, S. A. (2017). Tracer Study Alumni Pendidikan Agama Islam FTIK UNISU Jepara. Jurnal Tarbawi, 97-107.
Saiful Ghozi, A. R. (2019). Analisis Kinerja Layanan Perguruan Tinggi Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis. Journal of Data Analysis, 31-42.
Suparto. (2019). Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0. Jakarta.
Susi Sulistiana, I. W. (2015). Tingkat Kepuasan Lulusan Terhadap Penyelenggaraan dan Mutu Layanan serta Persepsi Pemangku Kepentingan Terhadap Kinerja Lulusan . Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 274-282.
Yustiyawan, R. H. (2019). Penguatan Manajemen Pendidikan dalam Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the JISI UMJ retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the JISI UMJ have unrestricted publication rights. The authors give the JISI UMJ the right to publish the article and designate the Industrial of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Industrial Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.