HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI EKSTRAKURIKULER FUTSAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PARUNG SERAB.

Harun Musytaqin, Taufik Yudi Mulyanto, Galang Pakarti Mahardika, M Al Ghani, Muhammad Ishaq Gery

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya keterlibatan orang tua terhadapat betapa pentingnya hubungan dengan prestasi siswa sehingga hipotesis peneliti yang menduga adanya hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi ekstrakurikuler futsal siswa. Bertujuan untuk mendapatkan hasil seberapa jauh hubungan antara keterlibatan orang tua terhadap prestasi ekstrakurikuler futsal siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Parung Serab. Prosedur dalam penelitian ini dengan menyusun dan mengklarifikasi permasalahan dalam studi kelayakan, termasuk merumuskan tujuan dan target yang diinginkan. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu Kuantitatif Korelasi dengan memakai angket sebagai instrumen. Populasi pada penelitian yaitu 19 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler serta pengambilan sampel mengambil semua populasi yaitu sebanyak 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hasil sebesar 0,106 > 0,05 pada uji normalitas, kemudian 0,100 > 0,05 pada uji homogenitas, dan menghasilkan 0,558 > 0,05 (sig- deviation) pada uji linieritas. Pada uji hipotesis menggunakan korelasi pearson menghasilkan 0,000 < 0,05 (sig 2-tailed) sehingga Ha diterima serta Ho ditolak dan terdapat hasil person correlation 0,782. Maka dari itu terdapat hubungan yang variabel bersifat korelasi kuat pada aspek pendampingan orang tua antara keterlibatan orang tua terhadap prestasi ekstrakurikuler siswa.


Keywords


Keterlibatan Orang Tua, Prestasi, Ekstrakurikuler Futsal, Siswa, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Anzelli. (2022). HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM AN-NIZOMIYAH PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN. Skripsi Program Sarjana Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Creswell, J. W. (2014). Reseach Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Lengkana, A. S., Suherman, A., Saptani, E., & Nugraha, R. G. (2020). Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Esteem (Penelitian Terhadap Tim Kabupaten Sumedang di Ajang O2SN Jawa Barat). JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p1-11

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1215

Nopiyanti, H., & Husin, A. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak pada Kelompok Bermain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.46635

Novrinda dkk. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Rosyid, M. Z. (2019). Prestasi Belajar (edisi 1). Medan: Literasi Nusantara.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? Download

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd) (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, v. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45

Tarmizi, A., & Sulastri. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(October), 61–80.

Parlindungan, D. P., Ghani, M. Al, & Nurhaliza, S. (2020). Peranan guru dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh (pjj) dimasa pandemi covid-19 di sds islam an-nuriyah. Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8795

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.




DOI: https://doi.org/10.24853/jsi.v3i1.21780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

gs 

 

Publisher :

Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

 

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ