PENGARUH CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN AEROBIK PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL

Anisa Sholihamia

Abstract


Ekstrakurikuler futsal adalah sekian dari ekstrakurikuler pilihan yang diperuntukan siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Ektrakurikuler futsal di SMA Negeri 28 mengalami mengalami penurunan yang mempengaruhi gagalnya memperoleh prestasi untuk sekolah di anataranya adalah kondisi fisik pemain yang kurang, dan kurang adanya penerapan latihan yang sesuai dengan kebutuhan kondisi fisik peserta ekstrakulikuler futsal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh circuit training terhadap peningkatan daya tahan aerobik.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis atau metode eksperimen menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive di antaranya Kelas X berjumlah 14 orang, dan kelas XI berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan Multistage Bleep Test. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t. Berdasarkan hasil uji t di peroleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, hasil tersebut dapat di artikan hipotesis di terima, sehingga hipotesisnya menyatakan ada pengaruh circuit training terhadap peningkatan daya tahan aerobic peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 28 Kabupaten Tangerang.


Keywords


Circuit Training, Futsal, Daya Tahan Aerobik

Full Text:

PDF

References


Arif Luqman Hakim, Marianus Subandowo, and Ujang Rohman. 2020. “Pengaruh Circuit Training Dan Interval Training Dalam Tes Kebugaran Jasmani Pada Ektrakurikuler Futsal Siswa Smp.” Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) 5(1): 86–95.

Ismoko, Anung Probo. 2017. “Tingkat Kebugaran Aerobik Atlet Bola Voli Yunior Sleman United Volleyball Club.” Jurnal Pendidikan Jasmani 1(1):42–49. https://core.ac.uk/download/pdf/267087129.pdf.

Kharisma, Yudhi, and M. Zakky Mubarok. 2020. “Analisis Tingkat Daya Tahan Aerobik Pada Atlet Futsal Putri AFKAB Indramayu.” Physical Activity Journal 1(2): 125.

Kusuma, Lalu Sapta Wijaya. 2017. “Pengaruh LatihanA Circuit Training Terhadap Peningkatan Vo2max Pemaian Sepakbola Ekacita Fc.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan “GELORA” 4 (September): 80–83.

Lahaba, Muh. Amiruddin. 2019. “Analisis Indeks Massa Tubuh Terhadap Daya Tahan Aerobik Pada Siswa SMA Negeri 8 Makassar.” Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar 627: 1–8.

Mukhlis, Novan Arzani, Ari Wibowo Kurniawan, and Rama Kurniawan. 2022. “Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif.” Sport Science and Health 2(11): 566–81.

Mulyono, M. A. (2014). Buku Pintar PANDUAN FUTSAL. (S. W. Latif, Ed.) Cipayung - Jakarta Timur: Laskar Aksara Media.

Mukrimaa, Syifa S. et al. 2016. “PENGARUH LATIHAN DAYA TAHAN AEROBIK TERHADAP

KEMAMPUAN MENEMBAK.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(August): 128.

Narlan, Abdul, and Dicky Tri Juniar. 2017. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal.”

Jurnal Siliwangi 3(2): 245.

Wiriawan, O. C. E. (2019). Analisis Perbandingan Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Dengan Pemain Futsal (Studi Pada Atlet Sekolah Sepakbola Mitra Surabaya …. Jurnal Prestasi Olahraga.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/30202




DOI: https://doi.org/10.24853/jsi.v2i2.22001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

gs 

 

Publisher :

Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

 

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ