MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PASSING FUTSAL SISWA DENGAN METODE DRILL VARIASI SMALL SIDED GAMES

Zuhdi Rafli Fauzan, Muhammad Ishaq Gery

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Drill dengan Small Sided Games terhadap peningkatan teknik dasar passing futsal siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan pre dan post-test sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian dilakukan di SMP Bakti 17 Jakarta. Total sampelnya adalah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dipilih siswa ekstrakurikuler futsal sebagai sampel. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan; nilai rata-rata pre-test siswa adalah 66,60. sedangkan nilai rata-rata post-test siswa adalah 82,80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai to (22,394) lebih besar dari ttabel (2,064) pada taraf signifikansi 5% (0,05). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Drill dengan Small Sided Games dapat meningkatkan teknik dasar passing futsal siswa.


Keywords


Metode Drill, Small Sided Games, Passing.

Full Text:

PDF

References


Aswadi. (2015). Penelitian tentang Perkembangan Cabang Olahraga Futsal di Kota Banda Aceh Tahun 2007-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1), 38–44.

Hill-Haas, S. V., Dawson, B., Impellizzeri, F. M., & Coutts, A. J. (2011). Physiology of small-sided games training in football: A systematic review. Sports Medicine, 41(3), 199–220.

https://doi.org/10.2165/11539740- 000000000-00000

Krisma, A. (2008). Studi tentang Prasarana dan Sarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta Se- Kecamatan Wonogiri tahun 2008.

Lhaksana, J. (2011). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Be Champion, 5.

Santoso, N. (2014). Tingkat Keterampilan Passing-Stoping dalam Permainan Sepakbola pada Mahasiswa Pjkr B Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 43.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.24853/jsi.v2i2.22004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

gs 

 

Publisher :

Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

 

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ