UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SERVIS PANJANG BULU TANGKIS DENGAN METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI KELAS IX SMP PGRI 32 JAKARTA)

Rizky Ayu Agustini, Doby Putro Parlindungan, Muhammad Aspar, Muhammad Ishaq Gery

Abstract


Masalah yang dikaji adalah memfokuskan proses yang dilakukan oleh peserta didik dan guru di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah penerepan teknik dasar dalam metode drill bulu tangkis servis panjang bagi siswa kelas IX SMP PGRI 32 Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang didapatkan kemudian dilakukan Uji validitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan Prasiklus kategori baik dengan persentasi 0%, kategori baik dengan persentasi 0%, kategori cukup dengan persentasi 13%, kategori kurang dengan persentasi 27%, dan kategori kurang sekali dengan persentasi 60%. Siklus I Tindakan I kategori Baik Sekali dengan nilai persentasi 0%, kategori Baik dengan nilai persentasi 7%, kategori Cukup dengan nilai persentasi 20%, kategori dengan nilai persentasi 33%, kategori Kurang Sekali dengan nilai persentasi 40%. Hasil Siklus I tindakan II tersebut, kategori baik sekali 0 siswi dengan persentase 0%, kategori baik dengan persentase 13%, kategori cukup 5 siswi dengan persentase 34%, kategori kurang 3 siswi dengan persentase 20%, dan kategori kurang sekali 5 siswi dengan persentase 33%. Hasil tindakan I tersebut, kategori baik sekali 2 siswi dengan persentase 13%, kategori baik 4 siswi dengan persentase 27%, kategori cukup 5 siswi dengan persentase 33%, kategori kurang 4 siswi dengan persentase 27%, dan kategori kurang sekali 0 siswi dengan persentase 0%. Hasil siklus II tindakan II yaitu, kategori Baik Sekali dengan nilai persentasi 47%, kategori Baik dengan nilai persentasi 33%, kategori Cukup dengan nilai persentasi7%, kategori Kurang dengan nilai persentasi 13%, kategori Kurang Sekali dengan nilai persentasi 0%.


Keywords


Bulu Tangkis, Metode latihan Drill, SMP PGRI 32 Jakarta.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Chen, C. (2014). Footwork Teaching Of College Badminton Elective Course. 3rd International Conference On Science And Social Research. Atlantis Press.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Kamali, T., & Hidasari. (2021). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Smash Bulutangkis di SMA Negeri 4 Singkarawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(9).

Riadi, M. (2022). Metode Pembelajaran Drill.

Roestiyah, N. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sugiarto, I. (2002). Total Badminton. CV Setyaki Eka Anugrah.

Susilo, W. A., & Komari, A. (2018). Tingkat Keterampilan Service Pendek Dan Service Panjang Dalam Permainan Bulutangkis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon Tahun Ajaran 2018/2019. PGSD Penjaskes, 7(11).

Sutanto, T. (2016). Buku Pintar Olahraga. CV Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24853/jsi.v2i2.22005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

gs 

 

Publisher :

Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

 

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ