PEMBERDAYAAN OLAHRAGA KORFBALL DI KABUPATEN BANJAR
Abstract
Abstrak : Artikel ini menguraikan tentang salah satu permainan olahraga yang sangat jarang dimainkan oleh siswa yaitu Korfball. Hal ini terjadi karena permainan ini cukup asing bagi siswa sehingga siswa tidak menjumpai permainan Korf Ball. Korfball merupakan satu-satunya olahraga yang dimainkan oleh anak laki-laki dan anak perempuan secara bersamaan. Olahraga permainan ini memiliki karakteristik yang unik jika dibandingkan dengan olahraga permainan lainnya yaitu memperhatikan penguasaan kontak fisik, kesetaraan gender, perlindungan penguasaan bola dan dapat mencetak angka dari sudut manapun ke arah keranjang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan dan mensosialisasikan permainan Korfball. Metode penelitian ini adalah Tipe 1, sosialisasi, praktik, dan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan rasa ingin tahu, pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap permainan olahraga Korfball setelah kami melakukan sosialisasi. Permainan ini dimainkan oleh siswa kelas Vlll SMP Negeri 1 Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Analisis data menggunakan persentase menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pengetahuan dan minat sangat rendah terhadap permainan olahraga Korf Ball (0-40%) 0 siswa, kategori rendah (40-50%) 2 siswa, kategori sedang (55-70%) 10 siswa, kategori tinggi (70-85%) 7 siswa, dan kategori sangat tinggi (85-100%) 13 siswa. Diharapkan permainan olahraga Korf Ball dapat menjadi solusi untuk membangkitkan kembali minat dan pemahaman siswa terhadap permainan olahraga di Indonesia. Artikel ini menyatakan bahwa dalam konteks pembelajaran PJOK, permainan olahraga Korfball tidak hanya mengajarkan aspek fisik tetapi juga membangun nilai, budaya, dan strategi kooperatif dalam kegiatan kelompok. Dari hasil penelitian ini diharapkan permainan olahraga Korf Ball menjadi alat pendidikan yang efektif untuk mengembangkan aspek fisik, sosial, dan keterampilan anak-anak masa kini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bayu Nugraha. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Bhekti Lestari, M. K. F. E. F. Y. R. N. A. R. R. M. S. O. W. B. A. (2024). Korfball Coach Training in Klaten Regency, Central Java. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), 1424–1433.
Burhaein, E. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. In Indonesian Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
I Made Yoga Parwata. (2021). Pembelajaran Gerak dalam Pendidikan Jasmani dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal Of Educational Development , 2(2), 219–228. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331
Jhony Hendra. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga Di Taman Kanak -Kanak . Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438–444. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.181
Kristianto Panjaitan, N. F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Permainan Dalam Pembelajaran Penjas. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 54–61.
Kusnandar, Panuwun Joko Nurcahyo, & Didik Rilastiyo Budi. (2021). Fundamental Movement Skills: Identifikasi Keterampilan Gerak Dasar Olahraga Pada Siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 265–270. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1473
Lailatul Asria, D. R. S. S. A. N. U. M. F. R. (2021). Analisis Antusiasme Siswa dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Flatfrom Quizizz. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17
Lilik Indriharta. (n.d.). Bola Keranjang Sebagai Alternatif Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah.
Muhammad Firdaus, D. M. M. I. G. Z. L. H. R. O. (2023). Pemberdayaan Olahraga Tradisional di Sekolah Dasar Kelas Rendah di Kabupaten Banjar. Pendidikan Olahraga, 6(2), 294–301.
Normawarni, H., Hamid, A., Irianto, T., Jasmani, P., & Fkip, J. (n.d.). Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau dari Jadwal dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Kota Banjarbaru. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/manggurebevol2no1page17-25
Permendiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Permendiknas .
Veni Imawati, A. M. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. PATRIA EDUCATIONAL, 1(1), 87–93.
DOI: https://doi.org/10.24853/jsi.v3i2.23118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)
Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat
View My Stats