ASSESMENT KINERJA PADA INDUSTRI MANUFAKTUR (Studi Kasus pada Bagian QC Leather PT. DAK)

Dimas Angga Kusumah, Hana Catur Wahyuni

Abstract


PT. DAK adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri sepatu kulit ekspor yang ada di wilayah kabupaten sidoarjo. Pada bagian QC Leather PT. DAK sangat membutuhkan sistem pengukuran yang dapat menggambarkan kinerja secara keseluruhan dan dapat digunakan secara berkelanjutan. Selama ini bagian QC Leather PT. DAK melakukan pengukuran kinerja berdasarkan 1 aspek sehingga tidak dapat memberikan informasi tentang aspek lain yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode Performance Prism dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode Performance Prism merupakan metode penyempurna dari metode pengukuran kinerja yang sudah ada. Metode ini memberikan pengukuran kinerja secara keseluruhan yang berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari semua stakeholder. Kemudian metode AHP digunakan dalam pengambilan keputusannya. Dari hasil penelitian menggunakan metode performance prism pada departemen QC leather PT. DAK dihasilkan 48 KPI terdiri dari perspektif stakeholder satisfaction dengan 16 KPI, strategi dengan 6 KPI, proses dengan 6 KPI, kapabilitas dengan 6 KPI, dan Stakeholder contribution dengan 14 KPI. Kemudian dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dihasilkan perspektif stakeholder satisfaction dan stakeholder contribution adalah perspektif yang tingkat kepentinganya paling tinggi pada departemen QC. Leather PT. DAK. Dengan hasil pengukuran kinerja ini dapat dijadikan landasan pihak perusahaan untuk melakukan perbaikan demi menghasilkan kinerja yang optimal.


Keywords


Performance Prism, AHP, KPI

Full Text:

PDF

References


Cahyono E.,D, Wahyuni H.C, 2015, Penilaian Teknologi Menggunakan Analytical Hierarchy Process Dan Teknometrik Di Departemen Produksi, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 14, No. 2, Hal 122-129, Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo.

Hartati, Sri, Nugroho, Adi, 2012, Sistem Pendukung Keputusan Berbasis AHP (Analytical Hierarchy Process Untuk Penentuan Kesesuaian Penggunaan Lahan (Studi Kasus : Kabupaten Semarang), Jurnal Informatika, Vol. 6, No. 2, Hal 630-641, Semarang.

Muhardono, Ari, Isnanto, R.Rizal, 2014, Penerapan Metode AHP Dan Fuzzy Keputusan Promosi Jabatan, Jurnal Sistem Informasi Bisnis, No. 2, Hal 108-115, Universitas Pekalongan, Pekalongan.

Saaty, Thomas L, Vargas, Luis G, 2012, Model, Methode, Concepts & Applications of The Analytic Hierarchy Process, Springer, New York.

Sukwadi, Ronald, 2013, Penerapan Performance Prism Sebagai Alat Ukur Kinerja Kebun Binatang, Jurnal Teknologi, Vol. 6, No. 2, Hal 131-138, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.

Sunoto, Imam, Susanto, Arif, 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process Dengan Criterium Decision Plus, Jurnal Teknologi, Vol. 9, No. 1, Hal 7-12,

Wahyuni H.C, Ciptomulyono U, Supriyanto H, 2009, Analisa Tingkat Kecanggihan Humanware Dengan Pendekatan Teknometrik Di Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi x, Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.11.1.25-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ