PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRASWASTA SANTRI PONDOK PESANTREN MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

Alvika Meta Sari, Suratmin Utomo, Athiek Sri Redjeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kewirausahaan terhadap hubungan motivasi berwiraswasta para santri pondok pesantren. Penelitian dilakukan pada siswa Arrahman Quranic College Mega Mendung. Metode penelitian adalah survey dengan penyebaran quisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi target penelitian adalah para santri Arrahman Quranic College Mega Mendung yang mendapatkan pelatihan kewirausahaan selama 2 hari. Para santri ini mendapatkan pendidikan Agama dan dididik untuk menjadi ustadz dan penghafal Al Qur’an. Para Santri adalah laki-laki, berjumlah 50 santri dan data yang dapat diolah berjumlah 50 sampel .Instrumen yang digunakan adalah kuesioner motivasi berprestasi dan sikap terhadap kewiraswastaan. Hasil yang didapat adalah self motivation peserta meningkat dengan adanya pelatihan wirausaha, meningkat rata-rata 10.4 % dan motivasi untuk wirausaha juga meningkat dengan adanya pelatihan wirausaha yaitu sekitar 7.3 %.

Keywords


motivasi, sikap para santri pondok pesantren terhadap kewiraswastaan

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2010, Buku 3 Konsep Dasar Kewirausahaan, Direktorat Pembinaan Kursus dan kelembagaan, Direktorat jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional.

Kasali, Rhenald, Purnomo, Boyke, dkk, 2002, Manual untuk Instructor (Dosen) Kewirausahaan untuk Program Strata 1, Yayasan Rumah Perubahan dan Mandiri, Jakarta.

Meredith, GG, et al, 2005, Kewirausahaan Teori dan Praktek,Penerbit PP




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.6.1.47-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ