OPTIMASI INJEKSI CHEMICAL WATER CLARIFIER UNTUK MENURUNKAN KONSENTRASI MINYAK DAN LEMAK DALAM PRODUCED WATER PADA PROSES EKSPLORASI DAN PENGOLAHAN GAS ALAM

Irfan Purnawan, Reza Bayu Pratama

Abstract


Keberadaan air buangan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi lingkungan. Air buangan dapat berasal dari rumah tangga, institusi maupun industri. Industri migas merupakan salah satu industri yang tidak luput dalam menghasilkan air buangan. Produced water merupakan air buangan dalam industri eksplorasi dan pengolahan gas alam. Produced water yang dihasilkan harus memiliki konsentrasi minyak dan lemak dibawah ketentuan yang telah ditetapkan Pemerintah agar aman untuk dibuang ke lingkungan.Untuk menurunkan konsentrasi minyak dan lemak dalam produced water maka perlu dilakukan chemical treatment yaitu dengan penambahan bahan kimia water clarifier. Penentuan jumlah injeksi optimum water clarifier diperlukan agar dapat menurunkan konsentrasi minyak dan lemak sesuai ketentuan Pemerintah. Selain itu dengan didapatkannya optimasi dosis injeksi ini juga dapat memaksimalkan proses operasi dan menghemat pemakaian water clarifier.Penelitian untuk mendapatakan injeksi optimum dari water clarifier dilakukan di laboratorium eksplorasi dan pengolahan gas alam Kangean Energy Indonesia, Pagerungan Field.Penelitian dilakukan pada sampelproduced water yang diambil dari outlet water pada separator 3 fase. Kemudian dibuat variasi konsentrasi water clarifer dan waktu settlingnya pada sampelproduced water. Kemudian dilakukan analisa konsentrasi minyak dan lemak menggunakan metode SNI 06-6989.10-2004. Hasil penelitian mendapatkan persamaan y = -0,38x + 28,133 dan dosis injeksi minimum chemical water clarifier yang dibutuhkan sebanyak 8,24 ppm dengan waktu settling selama 9 hari.

Keywords


air buangan, clarifier, minyak, lemak, gas alam

Full Text:

PDF

References


Anonim, 1990. Design And Operating of Oil-Water Separators, Refining Department, API Publication, First Edition.West Conshohocken.

Anonim, 2002. Annual Book of ASTM Standard, Petroleum Products, Lubricants and Fossil Fuels. West Conshohocken.

Cambell, John M, 1984. Gas Conditioning and Processing Vol I : The Basic Principles. Cambell Petroleum Series, Oklahoma.

Wijianto. 2007. Bahan ajar SeparatorEMP Kangean. Cepu : Pusdiklat Migas

Wijianto. 2008. Pelatihan Basic Production Operation Program EMP Kangean : Separator. Cepu : Pusdiklat Migas

[Kangean Energy Indonesia Ltd], 2008, Operating Manual Pagerungan Gas Field




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.6.1.69-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ