VISUALISASI SIMPANGAN VIBRASI DENGAN METODA ESPI

Muchiar Muchiar, Kisman H. Mahmud

Abstract


Simpangan vibrasi dari sebuah objek, yaitu membran bundar yang bervibrasi, telah diteliti untuk divisualkan dengan menggunakan metoda Time-average Electronic Speckel Pattern Interferometry. Objek dikopel dengan corong suara, yang dihubungkan dengan generator bunyi, dimana frekuensi dan tegangan luarannya dapat diatur. Frekuensi vibrasi objek adalah sama dengan frekuensi luaran generator bunyi. Sedangkan simpangan vibrasi objek dikontrol oleh tegangan luaran dari generator bunyi. Perekaman dilakukan dengan kamera CCD dan citra spekel hasil rekaman untuk setiap sequen disimpan di dalam file-file tersendiri di dalam komputer. Dengan metoda ini, disyaratkan waktu perekaman atau shutting-time dari kamera CCD haruslah lebih panjang daripada perioda getaran objek. Substraksi dilakukan antara citra spekel membran pada saat bervibrasi dengan citra spekel membran saat belum bervibrasi. Pada penelitian ini telah diamati visualisasi untuk rentang frekuensi antara 300 Hz sd. 1500 Hz dengan setiap kali perubahan sebesar 50 Hz. Visualisasi hasil substraksi memperlihatkan bahwa tidak setiap tahapan frekuensi menunjukkan pola simpangan. Hanya pada frekuensi-frekuensi tertentu saja diperoleh citra dengan kualitas frinji yang memuaskan.

Keywords


ESPI, visualisasi, simpangan vibrasi.

Full Text:

PDF

References


O. J. Lokberg, Speckle Metrology, ed. R. S. Sirohi, Marcel Dekker Inc. , New York, 1993.

Muchiar, Penelitian Visualisasi dan Karakteristik Slip-Band pada Pelat Paduan Alu¬minium Tipe A5052P, Prosiding ETM.

Wei-Chung wang, et. al, Vibration measurement by the time-averaged electronic speckle pattern interferometry methods, Applied Optics, Vol. 35, No. 22 August 1996.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.6.1.11-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ