PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI PENJUALAN PADA CV. XYZ PALEMBANG

Winoto Chandra, Tri Oktarina

Abstract


CV. XYZ Palembang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan perlengkapan IT, salah satunya adalah penjualan printer. Sebagai salah satu penjual di Kota Palembang, tentunya sangat banyak pesaing yang telah lebih lama berjualan dan juga memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menambah jumlah pelanggan (konsumen). Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan fasilitas yang dapat digunakan konsumen untuk mempermudah proses pembelian barang, khususnya printer pada CV. XYZ Palembang. Pada penelitian ini, peneliti akan melakukan perancangan sistem informasi untuk mempromosikan produk printer yang dijual pada CV. XYZ Palembang. Peneliti memanfaatkan bahasa pemrograman PHP untuk pengembangan sistem informasi berbasis web. Selain itu, digunakan juga metode pengembangan sistem waterfall dalam tahapan penelitian yang dilakukan. Dengan demikian, akan dihasilkan suatu sistem informasi promosi penjualan berbasis web yang dapat digunakan pada CV. XYZ Palembang. Hasil akhir penelitian ini hanya akan diujikan menggunakan localhost sehingga hanya dapat dijalankan secara offline dengan hosting lokal dan menggunakan browser yang tersedia


Keywords


printer, sistem informasi, PHP, web, localhost

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. B. M. Y., & Efendi, R. 2014. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Persebaran Lokasi Obyek Pariwisata berbasis Web dan Mobile Android (Studi Kasus di Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 9-16.

Binanto, I. 2014. Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fachrurrazi, S. 2015. Peramalan Penjualan Obat menggunakan Metode Single Exponential Smoothing pada Toko Obat Bintang Geurugok. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 7(1).

Fadlilah, U. 2015. Rancang Bangun Website dan E-learning di TPQ Al-Fadhillah. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1(1), 40-43.

Fajar, R., & Handhika, T. 2014. Aplikasi Preliminary Test Course dan Smart Storage dalam menunjang Kegiatan Praktikum di Universitas Gunadarma. SESINDO 2014.

Hutahaean, J. 2015. Konsep Sistem Informasi. Deepublish.

Lasander, C. 2013. Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Mujiastuti, R., & Haryani, R. D. (2014). Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Dengan Metode Framework Of Dynamic CRM. Jurnal Teknologi, 6(1), 33-46

Novianta, M. A., & Setyaningsih, E. 2015. Sistem Informasi Monitoring Kereta Api berbasis Web Server menggunakan layanan GPRS. Jurnal Momentum, 17(2).

Pressman, R. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi.

Rivai, F., & Susanto, A. 2013. Sistem Penjualan Buku Pada Toko Buku Salemba berbasis Web.

Sunoto, I., & Susanto, A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process Dengan Criterium Decision Plus. Jurnal Teknologi, 9(1), 7-12.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.11.2.161-168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ