VISUALISASI SIMPANGAN GETARAN DENGAN METODE INTERFEROMETRI POLA SPEKEL ELEKTRONIK

Muchiar Muchiar, Kisman M Mahmud

Abstract


Simpangan getaran sebuah membran berupa membran bundar yang bergetar sinusoidal, telah dvisualisasikan dengan menggunakan Metode Interferometri Pola Spekel Elektronik. Pola spekel dari permukaan membran pada saat tidak bergetar dan pada saat sedang bergetar pada frekuensi dan amplitudo tertentu, masing-masing, direkam dengan kamera CCD dan datanya disimpan didalam komputer. Selanjutnya, masing-masing data pola spekel membran yang sedang bergetar tersebut di substraksi dengan data pola spekel membran  dalam keadaan diam.   Hasil  yang diperoleh berupa visualisasi citra spekel simpangan rata-rata permukaan membran yang disertai dengan pola frinji tertentu.   Bentuk dari pola frinji yang terjadi bersesuaian dengan pola simpangan getaran yang dialami oleh bagian permukaan membran. Sedangkan jumlah pola frinji yang terjadi bersesuain dengan besarnya simpangan rata-rata yang terjadi. Metode ini mensyaratkan perioda getaran membran jauh lebih pendek dibandingkan waktu perekaman kamera CCD. Dari segi kualitas, metode ini menghasilkan citra tidaklah sebaik atau setajam yang diperoleh dengan Metode Interferometri Holografi.


Keywords


getaran, interferometry, pola spekel, pola frinji, visualisasi

Full Text:

PDF

References


O.J. Lokberg, Speckle Metrology, ed. R.S. Sirohi, Marcel Dekker Inc., New York, 1993.

Muchiar, Penelitian Visualisasi dan Karakteristik Slip-Band pada Pelat Paduan aluminium

Tipe A5052P, Prosiding ETM.http://www-pnp.physics.ox.ac.uk/~atlas/vibespi/taespi.html, Time Average ESPI for Vibration Measurement.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.7.2.72-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ