MENINGKATKAN KAPASITAS LOADING MESIN PRESS 1000T PADA PROSES PRESS BRACKET SUPPORT AIR TANK DENGAN METODE PDCA DI PT. XYZ

Renty Anugerah Mahaji Puteri, Mohamad Sahrul Ramadhon

Abstract


Agar proses produksi bisa berjalan dengan lancar, diperlukan improvement. Dalam pembahasan ini, improvement yang akan dilakukan terkait dengan proses pembentukan part bracket support air tank. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PDCA (Plan Do Check Action). Metode ini diangkat penulis sebagai metode yang paling cocok untuk diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang otomotif seperti PT. XYZ ini. Yang menjadi titik fokus dari improvement yang akan dilakukan saat ini adalah dies untuk part bracket support air tank. Produk ini dianggap cocok untuk menjadi bahan improvement karena merupakan new project. Sehingga dapat melakukan improvement yang ekstrim sekalipun tanpa harus mengganggu produksi yang sedang berlangsung. Untuk itu penyesuaian atau rekayasa terhadap dies dari part tersebut akan dilaksanakan guna mencapai hasil atau target yang diinginkan.Adapun hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah tercukupinya kapasitas mesin untuk melakukan proses – proses yang harus dilakukan untuk pembuatan part bracket support air tank. Selain itu, kualitas dari produk yang dibuat juga menjadi item yang harus tetap dijaga. Karena kualitas dari produk yang dibuat akan menjaga kepercayaan customer terhadap PT. XYZ.


Keywords


Dies, Loading, PDCA, Improvement

Full Text:

PDF

References


Indri Parwati, Cyrilla. Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Pendekatan Kaizen Dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools. Yogyakarta.

Ivanto, Muhammad.,Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya. Sumatera Utara.

Kastono, Andri. 2014,Pengendalian Kualitas Dalam Upaya Menurunkan Cacat Appearance Dengan Metode PDCA. Jakarta.

Natasya, Meirilyn.2012, Implementasi Pengendalian Dengan Menggunakan Metode Statistik Pada PT. Industri Marmer Indonesia Tulungagung. Surabaya.

Press Die Component Team.2007 Misumi Press Die Standard Part Technical Specification. 1st Edition, Misumi Corporation.

Santosa Putra, Yoan.,Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Parkir. Malang

Sudarmadji, Hery.2011,Aplikasi Metoda SMED Untuk Perbaikan Proses Ganti Model (Change Overtime) Dan Waktu Penyetelan (Set-up Time). Bandung.

Sudarmawan, Rony.2009,Teknologi Press Dies Panduan Design, Penerbit Kanisius.

Yessicha, Marissa.2011,Upaya Minimalisasi Kekurangan Material Melalui Implementasi Quality Control Circle. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.8.1.39-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ