ANALISIS PRODUKSI BERSIH DI UKM PENGOLAHAN TAHU DI GAMPONG ALUE NYAMOK KEC. BIREM BAYEUN KAB. ACEH TIMUR

Yusri Nadya, Yusnawati Yusnawati, Nurlaila Handayani

Abstract


Tahu merupakan ciri khas makanan Indonesia, jadi bukan hal yang biasa jika makanan tahu ini dijumpai di Kabupaten Aceh Timur. Tahu biasa diproduksi dalam industri skala kecil menengah yang banyak dijumpai di wilayah Aceh Timur. Teknologi yang digunakan dalam proses produksi tahu masih sangat sederhana, masih menggunakan tenaga manusia, dan proses kurang optimal. Proses produksi tahu berawal dari proses pencucian, penggilingan, dan pengepresan dilakukan oleh manusia. Selain menghasilkan tahu sebagai produk utama, proses tersebut juga menghasilkan secondary product seperti limbah padat dan limbah cair. Limbah cair yang dihasilkan akan dibuang langsung ke saluran air yang ada di sekitar rumah. Hal ini mengakibatkan pencemaran Lingkungan, seperti bau menyengat dan mengurangi budidaya ikan air tawar. Pencemaran Lingkungan akibat volume limbah yang besar dan pembuangan langsung ke lingkungan tanpa pengolahan yang memadai sangat meresahkan masyarakat. Tingkat kesadaran pengusaha dan kemampuan finansial menjadi sulit dalam mengelola industri tahu. Produksi bersih menjadi strategi yang diterapkan pada industri tahu karena mampu menurunkan biaya dan mengurangi risiko Lingkungan. Dalam rangka menciptakan industri hijau dan meningkatkan daya saing industri tahu maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini mendapatkan alternatif strategi produksi yang dapat diterapkan di UKM Pengolahan Tahu. Tahapan penelitian ini adalah observasi lapangan, studi literatur, masalah perumusan, tujuan penelitian, pengumpulan data, dan pembahasan. Hasil yang diperoleh adalah penanganan limbah cair dilakukan melalui perbaikan fasilitas produksi dan perbaikan prosedur kerja guna memanfaatkan limbah cair menjadi pupuk organik, sedangkan pengelolaan limbah padat memerlukan pupuk organik atau sebahgai bahan makanan.

Keywords


Limbah Cair, Limbah Padat, Produksi Bersih

Full Text:

PDF

References


Aminah dan Yusriadi. 2018. Implementasi Program Industri Hijau Dalam Rangka Kebijakan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Bina Hukum Ligkungan Vol. 3, Nomor 1.

Dermawan, E., Syawaluddin, S., Abrori, M. R., Nelfiyanti, N., & Ramadhan, A. I. (2017). Analisa Perhitungan Beban Kalor Dan Pemilihan Kompresor Dalam Perancangan Air Blast Freezer Untuk Membekukan Adonan Roti. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 141-144.

Diyah dkk. 2011. Studi penerapan produksi bersih untuk industri kerupuk. AGROINTEK vol. 5. No. 1. Symmetrical Journal, Vol. 7 No. 1. April 2016.

Jaya, dkk. 2018. Perencanaan Produksi Bersih Industri Pengolahan Tahu Di UD. Sumber Urip Pelaihari. Jurnal Agroindustri Vol. 8 No. 2.

Keputusan Menteri Negara KLH No. 37 Tahun 2003 tentang Pedoman Penetapan Baku Mutu Lingkungan, Jakarta: Kementrian KLH

Novita dkk. 2018. Potensi Penerapan Produksi Bersih Di Peternakan Sapi Perah Cv. Margo Utomo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Agroteknologi Vol. 12 No. 02.

Purwanto. 2005. “Penerapan Produksi Bersih di Kawasan Industri.

Rudiatin, E., & Ramadhan, A. I. (2018). Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship, 1(1), 21-34.

Syawaluddin, S., Basri, H., Diniardi, E., Al-Haramain, M., & Ramadhan, A. I. (2017). Analisa Desain Mesin Pengering Ampas Tahu Dengan Memanfaatkan Panas Gas Buang Dari Boiler. Dinamika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 8(2), 47-54.

United Nation Environment Programme (UNEP). 2003. Cleaner Production Assessment in Industries.

Widodo lestario. 2017. Potensi Penerapan Konsep Produksi Bersih pada Industri Keramik di Probolinggo. Jurnal Teknologi Lingkungan Vol. 18, No 2.

Yusnawati, dkk. 2017. Pengalokasian tenaga kerja dengan human factor engineering di PT. Pelindo I. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol. 16. No.1.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.12.2.133-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ