PENELITIAN TERHADAP DEFORMASI PADA PADUAN ALUMINIUM TIPE A5083P-O DENGAN TEKNIK INTERFEROMETRI OPTIK

Muchiar Muchiar, Kisman Mahmud

Abstract


Deformasi yang terjadi pada pelat paduan aluminium tipe A5083P-O yang dibebani dengan beban tarik telah diteliti dipelajari  dengan teknik interferometri optik pola spekel elektronik. Dari hasil substraksi terhadap rekaman pola spekel selama proses penarikan, telah  ditemukan suatu pola  frinji interferensi  yang khas, berupa pita terang dengan posisi  menyerong. Pola pita terang ini  baru akan timbul pada tingkat  deformasi plastis  dan kedudukannya  dapat berpindah-pindah serta arahnya dapat berubah disepanjang citra permukaan benda uji. Menjelang saat benda uji putus, pita putih ini akan tetap berada di suatu lokasi dimana patah akan terjadi. Dihubungkan dengan teori deformasi yang dikembangkan oleh Panin maka pita putih ini identik dengan slip-band yang akan muncul pada lokasi-lokasi dimana terjadi deformasi paling besar. Pengembangan selanjutnya dari teknik ini diharapkan dapat mengungkapkan tingkat atau kondisi deformasi dari material menjelang patah dan teknik ini juga diharapkan dapat menentukan lokasi dimana patah akan terjadi.

 


Keywords


deformasi, aluminium, interferometri, spekel elektronik

Full Text:

PDF

References


Lokberg, O.J., Speckle Metrology, ed. R.S. Sirohi, Marcel Dekker Inc. New York, 1993.

Panin, P.E., Physical mesomechanics of plastic deformation and experimental results obtained by optical methods, Oyo Buturi, vol. 64 (1995), No.9, 888.

The Japanese Industrial Standard - Z2202, 1980.

Yoshida, S., et.al., Phase unwrapping for dual beam electronic speckle pattern interferometry interferometry, Applied Optics, January 1, 1997.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.8.2.85-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ