PENERAPAN METODE CLUSTERING K-MENS UNTUK MEMBANTU MENTUKAN TINGKATAN STATUS DAERAH DAMPAK COVID 19

Eki Juliana, Yuliana Yuliana, Vivi Nur Aleyda

Abstract


 

Penyakit yang menularkan daerah pernafasan daerah setiap dideteksi masuk di Indonesia sekitar awal tahun 2020 yaitu Corona Virus Disease-2019 atau Covid-19. Virus penularan ini cukup ringan dengan cairan yang dik luar syur, bersin, dan batuk dari virus yang, maka dari itu penularannya sangat cepat. Klaster klaster covid-19 ini bisa diakibatkan dari faktor manusianya yang tidak sesuai peraturan protokol kesehatan. Acara ini bisa bisa dari jumlah kasus Covid-19 tertinggi antar provinsinya yaitu Jakarta dengan kasus positif 9.128 jiwa perhari dengan kesembuhan 11.857 jiwa perhari,kan penularan Covid-19 dengan kasus yang penyebarannya adalah Maluku mengeringkan 69 jiwa kasus positif perhari dan kesembuhannya 23 jiwa perhari. Penelitian ini mengomlasi algoritma k-means pengelompokan dengan alat batuan weka agar dilakukan bisa pengklasifikasi pengelolaan kasus Covid-19 untuk menetukan status pengelompokan zona pada setiap provinsinya dengan klaster menggunakan 3 yaitu rendah, Sedang dan Tinggi. Data Sehingga hasil 4 provinsi zona Merah, 11 Provinsi zona Kuning, dan 19 provinsi zona hijau.


Full Text:

PDF

References


N. Dwitri, J. A. Tampubolon, S. Prayoga, P.P.P.A.N.W. F. Ilmi R.H Zer, D Hartama (2020) “Penerapan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Tingkat Penyebaran Pandemi Covid-19 Di Indonesia,”

E. Bu’ulolo, B. Purba (2021) “Algoritma Clustering Untuk Membentuk Cluster Zona Penyebaran Covid-19”Digital Zone : Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi

A. H. Ardiansyah, W. Nugroho, N. H. Alfiyah, R. A. Handoko, M. A. Bakhtiar (2020) “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Clustering Untuk Menentukan Status Provinsi Di Indonesia 2020” Seminar Nasional Inovasi Teknologi.

S. Pujiono, A. Amborowati, M. Suyanto (2013) “Analisis Kepuasan Publik Menggunakan Weka Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kota Yogyakarta” Jurnal Dasi




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ