Penerapan Algoritma Naive Bayes Dalam Memprediksi Penyakit Lambung

Jefi Jefi, Hendri Hendri, Nurul Afni, Agus Salim, Yana Iqbal

Abstract


Lambung adalah sebuah organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan, dan mencerna makanan menjadi ukuran yang lebih kecil yang kemudian akan diproses oleh tubuh agar menjadi energi. Penyakit pada lambung memiliki gejala yang berbeda dan ada pula yang memiliki gejala yang serupa, penyakit pada lambung adalah sebuah penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang baik. Untuk mengetahui jenis penyakit lambung apa yang sedang di derita, pasien harus melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit atau ke klinik, namun karena keterbatasan waktu untuk melakukan pemeriksaan kerumah sakit atau ke klinik. Oleh karen itu diperlukan sebuah metode dan tools yang mampu memprediksi penyakit pada lambung dengan mempertimbangkan gejala yang diderita oleh pasien, sehingga akan mempermudah proses dalam memprediksi penyakit pada lambung. Algoritma Navie Bayes merupakan salah satu algoritma dari metode klasifikasi data mining yang dapat digunakan untuk memprediksi penyakit pada lambung, Naive Bayes memberikan tingkat akurasi kebenaran sebesar 75% dengan nilai area under the curve (AUC) sebesar 0,852. Dengan hal ini menunjukkan bahwa model tersebut melalui penerapan pada tools rapidminer dengan memperoleh hasil akurasi yang baik.

Kata Kunci: Penyakit Lambung, Naive Bayes, Rapidminer.


References


Daftar Pustaka

Akmal, F., & Winiarti, S. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung Dengan Implementasi Metode Cbr ( Case-Based. Sarjana Teknik Informatika, 119–129.

Ardiansyah, R., Fauziah, F., & Ningsih, A. (2018). Lambung Menggunakan Metode Dempster-Shafer, 24(3), 182–196.

Arikah, & Muniroh, L. (2015). Riwayat Makanan Yang Meningkatkan Asam Lambung Sebagai Faktor Risiko Gastritis. Gizi Indon, 38(1), 9–20.

Hermanto, & Jollyta, D. (2021). Penerapan Naïve Bayes Pada Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Pencernaan Balita. Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 2(2), 102–106.

Kirman, Saputra, A., & Sukmana, J. (2019). Sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit lambung dan penanganannya menggunakan metode dempster shafer, VI.

Ma’rifati, I. S., & Kesuma, C. (2018). Pengembangan Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Pencernaan Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Evolusi, 6(1), 41–48.

Nurkholis, A., Riyantomo, A., & Tafrikan, M. (2008). Sistem Pakar Penyakit Lambung Menggunakan Metode Forward Chaining. Momentum.

Raharjo, J. S. D., Damiyana, D., & Hidayatullah, M. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android, 6(2), 1–8.

Subekti, T., & Utami, M. S. (2011). Metode Relaksasi Untuk Menurunkan Stres dan Keluhan Tukak Lambung pada Penderita Tukak Lambung Kronis, 38(2), 147–163.

Wahyuningsih, mae sri hartati. (2010). potensi pengembangan obat bahan alam indonesia untuk indonesia penyakit kanker.

Wicaksono, H., Adi, I. G., Wangiyana, S., Nizar, W. Y., Kehutanan, I., Nusa, U., & Barat, T. (2019). Studi Kolonisasi Fungi Mikoriza Arbuskuar Pada Gaharu ( Gyrinops Versteegii ) Dengan Sumber Inokulan Rizosfer Perkebunan Gaharu. Agrotek, 6(2), 45–50.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ