PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK PENENTUAN BOBOT SAPI MENGUNAKAN METODE SOBEL

Asahar Johar, Arie Vatresia, Ruvita Faurina

Abstract


Sapi merupakan komoditas utama penghasil daging yang dikonsumsi masyarakat. Kuantitas dan kualitas daging  yang  dihasilkan oleh  sapi  sangat berkaitan dengan berat badan sapi tersebut. ukuran bobot badan merupakan salah satu indikator ekonomi yang penting dalam peternakan sapi potong. Bobot badan juga sangat berkaitan erat dengan aspek ekonomi lainnya meliputi produksi dan reproduksi. Pertumbuhan ternak umumnya dapat diukur dengan bertambahnya bobot badan sedangkan besarnya badan dapat diketahui dengan mengukur tinggi badan, panjang badan dan lingkar dada.selama ini pengukuran bobot sapi masih mengunakan timbangan konvesional.untuk memudahkan dalam menentukan bobot sapi dibuatlah sebuah aplikasi meentukan bobot sapi mengunakan citra gambar sapi. metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode sobel. Metode sobel di gunakan untuk melakukan deteksi tepi pada citra sapi untuk kemudian dihitung nilai bobot sapi mengunakan rumus schrool. Dari penelitian yang di lakukan telah berhasil dibuat aplikasi menetukan bobot sapi dengan persentase keberhasilan sistem memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,73%. Ada beberapa catatan untuk pengembangan selanjutnya yaitu menambahkan data citra sapi dan mengunkan metode ekstraksi yang lain.

References


Naufal, F., Yuni, E., & Suwarno, N. (2016). KARAKTERISTIK KUALITATIF SAPI PASUNDANDI PETERNAKAN RAKYAT. FakultasPeternakanUniversitasPadjadjaran.

A.S, R., & Shalahudin, M. (2013). Rekaya Perangkat Lunak TERSTRUKTUR dan BERORIENTASI OBJEK. Bandung: Informatika Bandung.

Abidin. (2002). Penggemukan Sapi Potong. Agro Media Pustaka.

Amelia, L., & Marwati, R. (2011). 1PERBANDINGAN METODE ROBERTS DAN SOBEL DALAM MENDETEKSI TEPI SUATU CITRA DIGITAL. pengolahan citra digital.

Amiruddin, S., Vitalaya, A., & RS, S. (2014). Pengembangan Sistem Produksi dan Keamanan Pangan Sapi Potong peranakan Ongole (PO) Melalui Penguatan Peternakan Rakyat di Kabupaten Bojonegoro. Bogor (ID) : IPB.

Ashari, Latif, N., & Astuti, A. ( 2019). PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENENTUKAN BOBOT SAPI MENGGUNAKAN METODE CANNY EDGE DETECTION. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer.

HAVILUDDIN. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Mulawarman.

Pertanian, B. (2010). Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Unggas. Badan Penelitian dan Pengembangan.

Raharjo, L., Hidayat, B., DEA, & Fatah, M. ( 2019). ESTIMASI BOBOT TERNAK SAPI DENGAN METODE DEFORMABLE TEMPLATE DAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE MULTICLASS. e-Proceeding of Engineering.

Susanti, Y., & dkk. (2014)). PENGEMBANGAN PETERNAKAN SAPI POTONG UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA TENGAH: SUATU PENDEKATAN PERENCANAAN WILAYAH. Jurnal Agribisnis Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ