SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT BERBASIS WEB: STUDI KASUS ASRAMA MAHASISWA ISLAM SUNAN GIRI

Adam Pinaria, Hana Huwaida, Dina Fauziah

Abstract


Pengelolaan surat yang dilakukan secara manual kerap menimbulkan beberapa permasalahan. Setiap instansi atau lembaga menjadikan Arsip sebagai salah satu sumber data yang menjadi informasi penting dalam proses administrasi dan manajemen. Hal ini mempertegas kebutuhan suatu sistem informasi yang terkomputerisasi dan dapat diakses secara daring agar proses penyimpanan data dan dokumen surat bisa dilakukan dengan efisien dan mudah. Metode Pengembangan pada pembangunan sistem ini adalah metode Prototype. Pembangunan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman php berdampingan dengan database mysql. Perancangan sistem menggunakan bahasa standar pemodelan UML (Unified Modeling Language). Akun pengguna sistem dibagi menjadi dua yaitu Administrator dan Guest, pembagian ini tergantung pada akses yang dapat dilakukan pengguna pada data surat. Sistem ini memudahkan warga asrama untuk mengetahui dan menyampaikan surat surat yang diterimanya. Sistem ini menyediakan layanan pengarsipan yang mudah dilihat dan dikontrol sekretaris asrama. Penataan data surat tersusun rapi dan waktu yang digunakan lebih singkat. Sistem berbasis web ini menjadikan arsip surat aman dan terjaga serta dapat diakses kapan saja.


References


Amalia R. & Huda N., (2020). Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musi Banyuasin, Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 2, hal. 363– 368.

Darlianto, A. & Permana, I. (2016.) Sistem Informasi Pencatatan Surat Masuk (Studi Kasus : Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1. 37–43,

Farell G., Saputra H. K., dan Novid I., (2018) Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp). J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 11, no. 5, hal. 55–62.

Kristyanti L., (2015). Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. J. Efisiensi, Vol. XIII, No. 2, hal 85-97.

Lutfi A., (2017). Sistem Informasi Akademik Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Menggunakan Php Dan Mysql. AiTech, vol. 3, no. 2, hal. 104-112.

Nugraha W. & Syarif M., (2018). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. JUSIM, vol. 3, no. 2, hal. 97-105.

Pamungkas I., (2018). Pergeseran Budaya Kaderisasi Kepemimpinan Mahasiswa Di Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri Rawamangun Jakarta Timur. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Purnomo D., (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP, Vol. 2, No. 2, Hal. 54-61.

Rahmasari T., (2019). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada Toserba Selamat Menggunakan Php Dan Mysql. @is The Best, vol. 4, no. 1, hal. 411-425,.

Simangunsong A., (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web, J. Matrik Penusa, vol. 2, no. 1, hal. 11– 19,

Susanto, F., (2018). Sistem Informasi Pengolahan Data Pasien Pada Puskesmas Abung Pekurun Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Mikrotik Vol. 8, No. 1, Hal. 65-73.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ