PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA E-COMMERCE XYZ BERBASIS MOBILE

Muhammad Fathi Azzumar, Evy Nurmiati

Abstract


Perkembangan digital sosial dan teknologi pada zaman modern ini sudah sangat berkembang dengan cepat dalam bidang apapun, khususnya dalam bidang industri yaitu E-commerce. Dengan adanya E-commerce maka pelanggan dapat memanfaatkan teknologi melalui internet sehingga pembeli dapat mudah membeli barang secara online. Pada zaman ini, sangat dibutuhkan Knowledge Management System (KMS) berbasis teknologi yang akan membantu dalam suatu perusahaan maupun suatu industri. Pada bidang E-commerce, KMS dapat digunakan sebagai peningkatan kinerja layanan kepada pelanggan atau yang disebut Customer Service, maka dibutuhkan workshop design aplikasi yang dapat membantu pelanggan untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi pelanggan saat berbelanja. Tujuan dari penelitian ini merancang workshop design sebuah Knowledge Management System (KMS) pada perusahaan E-commerce berbasis mobile. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan SDLC Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan Workshop design Knowledge Management System berbasis mobile pada e-commerce XYZ. Perancangan Workshop design service center ini memudahkan para pelanggan untuk bertanya mengenai produk yang dijual, sehingga pelanggan bisa memesan dengan tenang sesuai deskripsi produk yang tertera.

References


W. Sastika, "Analisis pengaruh kualitas website (WEBQUAL 4.0) terhadap keputusan pembelian pada website e-commerce traveloka," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2016, vol. 2016, pp. 649-657.

H. Widowati, "Indonesia Jadi Negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia," Katadata. Co. Id, 2019.

D. N. Krisni, "Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung," 2014.

D. Afriani, "Perancangan Knowledge Management System Dengan Seci Model Pada Layanan Perbaikan AC Mobil Di Bengkel Agung Motor Cinere Menggunakan Vb. Net," Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 4, no. 1, pp. 29-35, 2019.

S. Sukmawati and D. Susianto, "Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata Di Lampung Berbasis Web Mobil," Jurnal ONESISMIK, vol. 2, no. 2, pp. 60-71, 2019.

P. Natasya and D. Marlius, "Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. BPD Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang," 2021.

I. W. Astawa, "PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN," Majalah Ilmiah Widyacakra, vol. 1, no. 01, pp. 31-36, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.3.47-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ