PERANCANGAN GAME GUNTING-BATU-KERTAS BERBASIS WEB

Rully Mujiastuti, Dafin Nouval Arief

Abstract


Game merupakan permainan terstruktur yang memiliki tujuan yang harus dicapai oleh pemainnya. Game dibuat sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan kejenuhan dan juga dapat dibuat sebagai sarana pendidikan. Game gunting batu kertas kerap dimainkan oleh anak-anak laki-laki maupun perempuan sebagai permainan untuk bersenang-senang. Permainan ini biasa digunakan untuk menentukan pemenang antara kedua belah pihak yang berbeda tujuan, dimana pemenang berhak mendapatkan apa yang dia inginkan dan pihak yang kalah mendapatkan risikonya. Saat ini sudah banyak game yang dapat dimainkan dengan online secara mudah, kurangnya popular game gunting batu kertas pada generasi sekarang karena tidak dapat dilakukan secara online. Oleh karenanya, pada kerja praktek kali ini dilakukanlah perancangan game gunting batu kertas berbasis web, dimana perancangan ini digambarkan dengan Hierarchy Input Proses Output (HIPO) dan Unified Modelling Language (UML) dan keluaran berupa desain User interface.


References


Driyani, D. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun ( Waterfall ). STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(1), 35. https://doi.org/10.30998/string.v3i1.2725

Eenhoorn, A. (2020). Gevangen. Kind & Adolescent Praktijk, 19(4), 13–13. https://doi.org/10.1007/s12454-020-0625-5

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(9), 107–116. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

M Teguh Prihandoyo. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

Purnomo, I. I. (2020). Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 86. https://doi.org/10.31602/tji.v11i2.2784

Siswanto, & Suwarni. (2011). Sistem Informasi Akses Pelayanan Markas (Yanma) Menggunakan Php Dan Mysql Di Polda Bengkulu. Media Infotama, 7(2), 121–139.

Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352

Suteja, B., Maranatha, U. K., Harjoko, A., & Mada, U. G. (2015). Perancangan User Interface E-Learning Berbasis Web Perancangan User Interface E-Learning Berbasis Web. 2008(March), 36–46.

Syukron, A., & Hasan, N. (2017). Perancangan Sistem Rawat Jalan Berasis web Pada Puskesmas Winog. Bianglala Informatika, 3(1), 28–34. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/574/465

Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Langu Informatika, 5(1), 24–36.

Zufria, I. (2013). Pemodelan Berbasis UML ( Unified Modeling Language ) dengan Strategi Teknik Orientasi Objek User Centered Design ( UCD ) dalam Sistem Administrasi Pendidikan Pemodelan Berbasis UML ( Unified Modeling Language ) dengan. Journal Sains & Teknologi, 1(1), 1–16.

age ( UML ). UNSIKA Syntax Jyrnal




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.3.17-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ