OTOMATISASI PEMBAYARAN PADA APLIKASI RENTAL MOBIL YAFA RENT CAR

Anggi Saputra, Popy Meilina

Abstract


Dalam Penelitian ini membahas tentang pembuatan Sistem informasi penyewaan mobil pada Yafa Rent Car. Merencang sebuah sistem untuk membantu para pegawai dalam melayani customer.dalam Pembangunan Aplikasi Sistem informasi rental mobil Yafa Rent Car ini menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan model waterfall melalui tahapan analisis dari sistem berjalan pada rental mobil Yafa rent Car, desain menggunakan UML, ERD dan Desain UI, pengkodean menggunakan bahasa PHP, serta pengujian menggunakan teknik blackbox. Dalam proses pembuatan sistem yang baru dapat diketahui bahwa untuk menyusun suatu informasi yang baik, tahap-tahap yang perlu dilakukan adalah dengan mempelajari system yang ada, kemudian mendesain suatu sistem yang dapat mengatasi masalah serta mengimplementasikan sistem yang didesain. Dengan menerapkan sistem komputerisasi pada penyewaan mobil maka proses pembuatan data-data penyewaan akan lebih cepat dan tepat. Dengan dirancangnya sebuah sistem informasi Penyewaan rental mobil ini diharapkan dapat membantu bagian admin atau penyewaan dalam proses penyewaan serta pengembalian mobil dan memeudahkan admin dalam pembuatan laporannya. Dengan hasil ujicoba dapat terlihat di Bab IV dimana Customer bias melakukakan registrasi dan melakukakan pemesanan mobil.

Kata kunci : Rental, SDLC, Waterfall ,UML, ERD, PHP ,blackbox.


References


Aziz, M. h. (2017). perancangan desaint website sebagai salah satu media promosi. Jurnal TA, 9-10.

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara Volume 3 No 1 Maret 2018, 83.

Intan, s. (2015). SISTEM INFORMASI PENYEWAAN MOBIL BERBASIS

WEB . Jurnal Algoritma.

Pressman, P. D. (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi 7, 291.

Soetam, R. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak, 140.

Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT Vol. XII No. 01, 13-15.

Utami, N. W. (2017). Pentingnya Website untuk Perkembangan Bisnis Anda. 6.

Widodo, p. p. (2011). menggunakan UML.

Bandung: Pernerbit Informatika.

Yasin. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Berorientasi Objek : Pemodelan.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ