PREDIKSI PENGISIAN BBM HSD DENGAN METODE MULTIPLE LINEAR REGRESSION

Muhammad Deni, Retnani Latifah

Abstract


Salah satu hal pekerjaan di Dipo Lokomotif adalah melakukan pengisian Bahan Bakar Mesin High Speed Diesel (BBM HSD) lokomotif yang akan berangkat. Dipo lokomotif dapat melakukan perkiraan pengisian BBM HSD menggunakan kilometer tempuh, waktu tempuh dan berat kereta api. Permasalahan yang terjadi di Dipo lokomotif adalah perkiraan tersebut belum dilakukan secara otomatis serta pencatatan hasil permintaan pengisian BBM belum dilakukan secara terkomputerisasi. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan sistem pencatatan dan prediksi pengisian BBM HSD secara otomatis. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan perkiraan pengisian BBM adalah regresi linear berganda karena tipe variabel untuk data kilometer tempuh, waktu tempuh dan permintaan adalah berupa data numerik. Data yang digunakan adalah dari periode April 2019 sampai Maret 2020. Dari hasil pengujian diketahui nilai korelasinya sebesar 0,977 (97,7%) dengan MSE sebesar 7,87 dan MAPE 5%.

References


Amrin. (2016). Data Minning Dengan Regresi Linear Berganda Untuk Peramalan Tingkat Inflasi. Jurnal Techno Nusa Mandiri Vol. XIII, No. 1 , 74 - 79.

Hidayat, M., & Anggoro, D. (2018). Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, Vol. 4 No. 2 . Faktor Keterlambatan kedatangan Kereta Api Penumpang dan Kinerja Daerah Operasi 1 Jakarta, 225-232.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Triyanto, E., Sismoro, H., & Laskito, A. D. (2019). Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Meprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul. RABIT : Juernal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 73-86.

Wulandari, N. L., Sarja, N. Y., & Saryanti, I. D. (2014). Prediksi Jumlah Pelanggan dan Persedian Barang Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda Pada Bali Orchid. Eksplora Informatika, 1 - 8.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ