ANALISIS APLIKASI SISTEM PELAYANAN PUSAT PENGEMBANGAN PENGUJIAN OBAT DAN MAKANAN NASIONAL ONLINE (SIPOPON) PADA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM)

Alviant Chandra Kusuma, Rully Mujiastuti

Abstract


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan sebuah lembaga yang mengawasi peredaran obat – obatan dan makanan di Indoneisa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam pelaksanaan tugasnya BPOM menyediakan layanan pembelian dan pengujian obat dan makanan secara terkomputersisasi. Karena itu, BPOM memiliki sistem aplikasi pelayanan pusat pengembangan dan pengujian obat dan makanan nasional online (SIPOPON). Kendala di dalam aplikasi SIPOPON diantaranya masih ada permasalahan diantaranya pada menu transaksi pembelian Baku Pembanding, yaitu tidak tidak terdapatnya opsi edit dan hapus pada form transaksi pembelian Baku Pembanding. Melalui analisis tersebut dapat digambarkan diagram Hierarchy Input Proses Output (HIPO) dan Unified Modelling Language (UML) dan solusi perbaikan berupa penggambaran mockup dan desain user interface baru terhadap menu transaksi yang terdapat pada aplikasi SIPOPON.


References


Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman, 1-15.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1-10.

Ihsan. (2019). Retrieved from id.wikipedia.org: https:// id. wikipedia.org/ wiki/Badan Pengawas Obat dan Makanan

Indonesia, D. J.-U. (2017). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 26 Tahun 2017. Jakarta: Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Pramita, F. P. (2014). Retrieved from lib.ui.ac.id: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-4/20404938-PR-Famella%20Yulistia%20Pramita.pdf

Rauschenberger, M. (2013). Efficient Meas-

Urement of the User Experience of Interactive Products. International Journal of Artificial Intelligence and Interactive Multimedia, Vol. 2, No 1, 1-8.

Shalahuddin, M., & S, R. A. (2013). Rekay-

Asa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Siswanto, & Suwarni. (2011). Sistem Infor-

Masi Akses Pelayanan Markas (Yanma ) Menggunakan Php Dan Mysql Di Polda Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 1-19.

Siswanto, & Suwarni. (2011). SISTEM INFORMASI AKSES PELAYANAN MARKAS(YANMA) MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL DI POLDA BENGKULU. Jurnal Media Infotama, VII.

Sugrue, J. (2009). Getting Started with UML. Retrieved from https://dzone.com

Tragita. (2017). Retrieved 01 Sabtu, 2020, https://rarasanggitablog.wordpress.com/2017/03/25/hipo-hierarchy-input- process-output/

Wibawanto, W., & Nugrahani, R. (2018). Desain Antarmuka (User Interface) pada Game Edukasi. Jurnal Imajinasi Vol XII no 2 Juli 2018, 1-8.

Wicaksono, V. B., Saptono, R., & Sihwi, S. W. (2015). Analisis Perbandingan Metode Vector Space Model dan Weighted. JURNAL ITSMART.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ