HELPDESK SYSTEM UNTUK TECHNICL SUPPORT BERBASI HYBRID PADA PT.PANCA PUTRA SOLUSINDO

Muyohadi Winoto, Sitti Nurbaya Ambo

Abstract


Dalam sebuah bisnis Pelayanan merupakan hal yang sangat penting, pelayanan yang baik akan membuat hubungan bisnis antara pelaku bisnis dan pengguna dapat berjalan baik. Dalam bisnis yang berbasis layanan kecepatan salah satu yang diutamakan Hal ini salah satu faktor pendorong pelaku bisnis melakukan inovasi terhadap layanannya, dan salah satu inovasi pada masa sekarang yaitu aplikasi Helpdesk, Helpdesk merupakan sebuah bagian atau departemen yang melakukan proses untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada dan dituntut aktif melayani dan menanggapi kebutuhan pengguna, Helpdesk System PT.Panca Putra Solusindo saat ini menggunakan email dan telepon untuk pelaporan masalah, dalam praktiknya Helpdesk system PT.Panca putra solusindo masih banyak ditemukan masalah, seperti keterlambatan penanganan dikarenakan email dari pengguna telat diterima serta kehilangan unit karena tidak tercatat,maka darit itu penulis merancang helpdesk system berbasis Hybrid. Aplikasi hybrid menggabungkan kelebihan web dan aplikasi native. Aplikasi hybrid dikembangkan menggunakan HTML5 dan JavaScript tanpa perlu adanya pengetahuan terperinci pada target platform. Aplikasi Helpdesk tersebut diimplementasikan berdasarkan analisis dan desain sistem yang sudah dibuat. Aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan framework Laravel untuk backend dan framework vue js unutk frontend serta database MYSQL dan menggunakan metode water fall. Serta pengujian Aplikasi dengan Black box Testing. Sehingga Dapat diperoleh kesimpulan Bahwa aplikasi mampu menyelesaikan masalah yang dialamai perusahaan.

Kata Kunci : Helpdesk , Pelaporan masalah, Hybrid


References


Ambo, S. N., Jumail, & Kuspurnama, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Implementasi Proyek Perangkat Lunak Berbasis Web. Jurnal PROSIDING SEMNASTEK.

Babu, N., & Bhat, A. (2016). Development of Hybrid Applications.

Fatmawati, & Affandes, M. (2017). Klasifikasi Keluhan Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM). Jurnal CoreIT, Vol. 3.

Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017).

Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi PT. Indah Kiat Pulp & paper Tbk. Jurnal ProTekInfo, Vol. 4.

Kadir, A. (2014). Pengenalan sistem informasi edisi revisi. Yogyakarta: Andi.

Krismiaji. (2015). Sistem informasi akuntansi.

Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Ladjamudin, A.-B. B. (2013). Analisis dan

Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha.

Machfudin, T. (2014). STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM. JURNAL LENTERA ICT, Vol. 2.

Oktavian, D. P. (2010). Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan PHP. Yogyakarta: MediaKom.

Rizky, S. (2011). Pengujian black box.

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sembiring, S. (2013). Perancangan Aplikasi Seganografi Untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End of File. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, IV, No.2.

Shalahuddin, M., & R. A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)/Edisi6/Jilild 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Trimawangsari, M. B. (2010). Pengembangan Aplikasi Webtools Helpdesk Support dengan Online Attendance dan Real- Time Report pada PT. Dexa Medica.

Depok: Universitas Gunadarma. Widodo, P. P., & Herlawati. (2011).

"Menggunakan UML”, 1st ed. Bandung: Informatika.

Zahruddin, M., Handayani, I., & Santika, N. (2018). Merancang Sistem Pengolahan ATK berbasis WEB Pada PT. Arthaasia Finance. Journal CCIT. STMIK Raharja.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ