SISTEM INFORMASI E-LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SDI AL-HADIRIYAH)

Selamet Nuryanto, Yosie Abdul Muzanil, Fajar Masya

Abstract


Perkembangan zaman dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat. Saat ini, hampir semua aspek kehidupan bisa dikendalikan melalui teknologi yang semakin canggih dan dampak perkembangan teknologi juga termasuk dalam bidang pendidikan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Perkembangan teknologi khususnya di bidang pendidikan pada umumnya ditujukan untuk memajukan motivasi siswa agar lebih unggul dan lebih maju dalam penggunaan teknologi sehingga pendidikan akan semakin maju. Dampak perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yang sangat bermanfaat yaitu dengan munculnya E-Learning (Electronic learning). Untuk saat ini konsep e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-learning khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas). kecenderungan untuk mengembangkan e-learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan semakin meningkat sejalan dengan perkembangan di bidang teknologi komunikasi dan informasi. Maka dari itu kami dalam project ini mengembangkan aplikasi online learninng berbasis android dengan beberapa persyaratan yang dilampirkan di dalam sistem akan disimpan dalam database menggunakan database firebase. Pengembangan sistem ini menggunakan model learning virtual education. Sehingga Peserta didik dapat menerima mater-materi pembelajaran tersebut dan berkomunikasi dengan pengajarnya dapat memanfaatkan teknologi yang sama.
Kata kunci: Aplikasi, E-Learning, Firebase, Learning virtual education.


References


Adi Suarman Situmorang. 2016. "Model pembelajaran e-learning berbasis web pada kemampuan pemecahan masalah mahasiswa prodi pendidikan mahasiswa FKIP Universitas HKBP NOMENSEN". Jurnal suluh pendidikan FKIP-UHN. Vol 3, No 1. Hlm 12-22.

Darwiyanti, Sri dan Romi Satria Wahono. “Pengantar Unified Modeling Language (UML)”. Jakarta: Ilmu Komputer. 2003.

Dian Nurul Safitri. 2018. "Eksperimentasi pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan al-jabar di SMP sekabupaten Bojonegoro". Journal of mathematics education and science. Vol 1. Hlm 49-53 .

Doni Septumarsa Ibrahim, Siti Partini Suardiman. 2014. " Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta ". Jurnal Prima Edukasi. Vol 2, No 1. Hlm 66-79.

Dwiyantoro. 2019. Analisis dan Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Smart Library Amikom Resource Centre dengan Metode Pieces Framework. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol 3, No 2. Hlm. 109-124.

Euis Karwati. 2014. " Pengaruh Pembelajaran Elektronik E-Learning Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa ". Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol 17, No 1. Hlm 41-54 .

H. Sismoro, Pengantar Logika Informatika Algoritma dan Pemrograman Komputer, Yogyakarta: ANDI, 2005.

Jogiyanto H. M. 2005. Analisis dan Desain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori & Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Karnawan, G., Andryana, S., & Komalasari, R. T. (2020). Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(1), 10-18.

Lee, W. M. 2011. Beginning Android Application Development. Wiley Publishing, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ