SISTEM INFORMASI PURCHASE ORDER STUDY KASUS PT. SARANA TEKNIK MEKANIKA

Nur Aini, Rita Dewi Risanty

Abstract


PT. Sarana Teknik Mekanika merupakan sebuah perusahaan yang bergerak sebagai Distributor alat berat khusus mesin-mesin (kecuali mobil dan sepeda motor), dalam melakukan proses pemesanan dengan PO (Purchase Order)mulai dari customer melakukan penawaran harga ke marketing, kemudian dicek barang ke gudang, accounting melakukan pengecekan pembayaran, gudang menyiapkan barang untuk dikirim ke customer, hingga proses menanyakan stok gudang dan penyediaan barang masuk masih menggunakan cara manual, sehingga mengakibatkan kinerja karyawan tidak cepat dan tepat, penggunaan kertas yang berlebihan, data-data pemesanan customer bahkan hilang dan tercampur file PO (Purchase Order) dengan file lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, untul membantu kinerja karyawan, menghindari penggunaan kertas yang berlebihan dan agar tidak terulangnya data hilang atau tercampur.Maka peneliti mengusulkan untuk membangun sebuah sistem informasi Purchase Order.Sistem informasi Purchase Order ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, menggunakan bahasa pemograman PHP, HTML, CSS serta menggunakan SQL sebagai databasenya.

 

Kata Kunci : Purchase Order, CSS, SQL


References


Duta, M., Ramadhan, G., & Amron, K. (2017). Analisis Availabilitas Dan Realibilitas Multi-Master Database Server. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIK).

Ibrahim, W. H. (2017). Sistem Informasi

Pelayanan Publik Berbasis Web pada Dinas pekerjaan Umum Kabupaten. Jurnal ilmiah Raksasa dan Management Sistem Informasi.

imron, i., nurhayati, s. M., & Setiani, R. (2018). Perancangan aplikasi purchase order berbasis web pada PT Intradita Prosimpex Jakarta. Indonesian journal networking and security, 8.

Innayah, A. R. (2017). Pembuatan Program Sistem Informasi Pada Jasa Pengiriman Barang.

Muhamad, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Purchase Order Barang Menggunakan Forecasting.

Puspitasari, D. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis WEb. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14.

Rahim, A. (2017). Perancangan Aplikasi E- informasi dan Jadwal. PROCESSOR, 11.

Rochman, A., Tullah, R., & Rahman, A. (2019). Perancangan Sistem INformasi Daftar Pasien Klinik Aulia Medika Puskesmas. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, Vol.9 N0.1.

Sanjaya, E. (2006). Sistem Informasi Purchase order secara online dalam sistem telekomunikasi selular.

Saputro, A. R. (2016). Perancangan Sistem Administrasi Penjualan Berbasis Multiuser PT. Raya Media. STIMIK Sinar NUsantara Surakarta.

Sholikhah, I., Sairan, M., & Syamsiah, N. O. (2017). Aplikasi Pembelian dan Penjualan Barang Dagang Pada Cv. Gemilang MUliatama Cikarang. JUrnal TEknik Komputer AMIK BSI.

Sucipto. (2017). Perancangan Aktive Database Sistem Pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar. Jurnal Intensif.

Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi.

Yogyakarta: ANDI.

Yuliawati, D., Saleh, S., & Indra. (2018). Prototipe Pengadaan Dan Distribusi Barang Pada Warabala Fried Chicken Dan Burger. Jurnal Sistem Informasi dan Management Basis Data.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ