PENGEMBANGAN APLIKASI E-SURAT BERBASIS WEB

Ahmad Wigi Sudio, Yana Adharani

Abstract


Fakultas Teknik UMJ telah menggunakan e-surat untuk melakukan transaksi surat menyurat. Pada aplikasi berjalan masih terdapat kendala dimana pengguna tidak dapat melampirkan file pada disposisi dan tidak dapat melihat disposisi terakhir jika tidak masuk ke fitur melihat disposisi. Pada penelitian ini dibuat aplikasi e-surat dimana pengguna dapat melihat surat masuk internal, surat masuk eksternal, dan mengirim disposisi. Pada sistem yang dikembangkan pengguna dapat melampirkan file pada disposisi dan melihat disposisi terakhir tanpa harus masuk ke fitur lihat catatan terlebih dahulu. Aplikasi dapat diakses oleh dekan, sekretariat, admin prodi, dan user yang terdiri dari wadek, kaprodi, kasubag dan kabag. Ujicoba dilakukan dengan menggunakan black box testing. Hasil ujicoba menunjukkan semua fungionalitas aplikasi berjalan dengan baik. Pada aplikasi ini juga dapat mengatasi masalah yang ada, dimana pengguna dapat melampirkan file pada saat memberikan disposisi dan dapat langsung melihat update tanggal serta pengirim disposisi terakhir.

 

Kata Kunci: Surat, E-Surat, Disposisi


References


Adharani, Y. (2021, Maret 1). Aplikasi E-Surat. (A. W. Sudio, Interviewer)

Booch, G. (2005). The unified modeling language user guide. Pearson Education India.

Data, M., Ramadhan, G., & Amron, K. (2017). Analisis Availabilitas Dan Reliabilitas Multi-Master Database Server Dengan State Snapshot Transfers (SST) jenis RSYNC Pada MariaDB Galera Cluster. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK).

Edi, D., & Betshani, S. (2012). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika, 71-85.

Effendy, M., & Hartono, H. (2015). Rekayasa Model Aplikasi Sistem Product. 46-55.

Henderi. (2007). Analysis and Design System with Unified Modeling Language (UML). Tangerang.

Prihandoyo, M. T. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 126-129.

Simaremare, Y. P., Pribadi S, A., & Wibowo, R. P. (2013). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi pada Jurnal SISFO. Teknik Pomits, 470-475.

Wati, E. F., & Kurniawati, N. I. (2013). Perancangan Prototipe Berbasis Desktop Sistem Informasi Penggajian Pegawai Pada Smk Al-Firdaus Jakarta. 275-279




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ