ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN INTERNET KANTOR PUSAT KING BUKOPIN DENGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK

Muhamad Hasbi, Naldo Rafli Saputra

Abstract


Ketersediaan internet menjadi mutlak pada era serba digital seperti saat ini. Kebutuhan akan informasi yang cepat membuat internet sangat penting, kebutuhan tersebut harus didukung dengan adanya internet yang selalu tersedia dan stabil. Untuk itu kinerja jaringan harus disiapkan sebaik mungkin agar mendapatkan koneksi internet yang stabil. Ketersediaan internet yang stabil dan baik pada Kantor Pusat King Bank (KB) BUKOPIN dibutuhkan untuk meningkatkan layanan nasabah dan kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitas jaringan internet pada Kantor Pusat KB BUKOPIN. Analisis dilakukan menggunakan metode QualityOf Service (QOS) untuk mengetahui kemampuan kinerja jaringan yang ada. Pengujian menggunakan Wireshark untuk memperoleh nilai parameter throughput, jitter, delay dan packet loss. Hasil Penelitian menunjukkan kuliatas jaringan internet di Kantor Pusat King Bukopin sangat bagus. Dengan nilai Throughput = 345/kbits/s, loss packet = 0% yaitu data yang hilang mendekati nol, delay 1.124 ms dengan nilai sangat bagus dan jitter = 8.165 ms dengan indeks 5 bagus.

 

Kata Kunci: QualityOf Service (QOS), packet loss, jitter, throughput, Wireshark


References


Diansyah, T. M. (2015). Analisa pencegahan aktivitas ilegal didalam jaringan menggunakan wireshark. Jurnal Times, 4(2), 20-23

Faathimatuz, Z. (2008). Analisis QoS (Quality of Streaming) pada Live Video Streaming Dengan Metode Analisis Data dan Pengembangan Sistem. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer

Harbani, A. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Jaringan Internet Menggunakan QOS (Quality of Service) Di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknois: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 6(2), 48-53.

Heryana, N., Solehudin, A., Juardi, D., & Mayasari, R. (2020). Pengukuran Quality of Service (QoS) pada Jaringan Hotspot Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(1), 99-106

Kusnayadi, D. S. (2021). Manajemen bandwidth untuk infrastuktur jaringan komputer pada smpn 7 mataram dengan menggunakan metode queue tree dan pcq (peer connection queue) (Doctoral dissertation,UNIVERSITAS UMIGORA)

Maulana, A. R., Walidainy, H., Irhamsyah, M., Fathurrahman, F., & Bintang, A. (2021). Analisis quality of service (qos) jaringan internet pada website e-learning univiersitas syiah kuala berbasis wireshark. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 6(2).

Pratama, I. P. A. E., & Dharmesta, P. A. (2018). Implementasi teknik deep packet inspection dengan menggunakan wireshark pada sistem operasi ubuntu: Studi Kasus: Intranet Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer),1(2), 79-85

Rachmadi, T. R. (2021). Analisis Kinerja Jaringan Wireless LAN Menggunakan Metode QOS (Quality of Service) Di Perpustakaan SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Journal of Engineering, Computer Science and Information Technology (JECSIT), 1(1)

Rahmatunnisa, R., Margono, M., & Suharto, T. I. (2019, October). PENGUKURAN QOS KOMUNIKASI AUDIO PADA BEBERAPA CLIENT DENGAN APLIKASI X-LITE SOFTPHONE MENGGUNAKAN APLIKASI WIRESHARK. In Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) 2019 (Vol. 3, No. 1, pp. 1-8). Politeknik Penerbangan Surabaya.

Rismawati, N., & Mulya, M. F. (2018). Analisis Pemilihan Metode Quality of Service dengan Traffic Policing dan Traffic Shaping sebagai Pembanding Bandwidth pada Cisco Router Internet Service Provider. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 9(1), 37-44.

Verawardina, Unung. "Analisis Perbedaan Peformance dan Quality of Service (QoS) Antara EIGRP dengan OSPF (Studi Kasus Menggunakan 6 Router Melalui GNS 3 dan Wireshark)." International Journal of Natural Science and Engineering 2, no. 1 (2018): 10-19.

Wulandari, R. (2016). Analisis Qos (Quality Of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus: Upt Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon (LIPI). JuTISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ