PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK BINA JAYA PALEMBANG

Iin Seprina, Heri Suroyo, Dinny Komalasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Jaya Palembang, dimana di Sekolah Menengah Kejuruan yang sedang berkembang menuju perbaikan, untuk mempersiapan peserta didik menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki kemampuan profesional serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang nantinya berwirausaha menjdi pilihan karir. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran motivasi untuk menjalankan wirausaha melalui media e-commerce. Rumusan masalahnya adalah untuk mengetahui motivasi penggunaan media e-commerce dalam berwirausaha pada siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan produk panduan bahan ajar dalam e-commerce. Analisis untuk membandingkan antara rerata dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh pertama terdapat beda nyata antara motivasi menggunakan e-commerce dalam berwirausaha antara kelompok responden yang sudah memiliki akun e-commerce dengan yang belum serta responden yang memilki pengalaman bertransaksi dengan yang belum berpengalaman di e-commerce. Kedua diperoleh juga terdapat beda nyata  motivasi penggunaan e-commerce antara rerata data responden yang memiliki usaha sendiri/keluarga atau yang tidak/belum memiliki usaha.

Kata kunci: Motivasi, penggunaan E-Commerce, wirausaha 




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.8.2.90-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ