PERBANDINGAN ANALISIS SENTIMEN FASILITAS KAMPUS PADA APLIKASI TIKTOK DAN DAN INSTAGRAM FT UMJ

Penulis

  • Afrahani Luthfiyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rully Mujiastuti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Analisis sentimen digunakan untuk menentukan sentimen atau pendapat positif, negative atau netral yang terkandung dalam teks, termasuk analisis media sosial. Peran media sosial, seperti pada aplikasi TikTok dan Instagram dalam analisis sentimen sangat penting karena aplikasi ini menjadi tempat di mana orang berbicara secara terbuka tentang berbagai hal, termasuk pada fasilitas di kampus FT UMJ. Pada penelitian ini Penulis mengambil data unggahan feed dan for your page (fyp) dari riset terdahulu,  dengan  followers Instagram yang berjumlah 4.758, dan followers TikTok yang berjumlah 2.616 pada akun FT UMJ. Tujuannya adalah agar hasil analisis dapat digunakan untuk bahan evaluasi pihak kampus terkait fasilitas kampus dan akademik, sekaligus media sosial yang digunakan untuk publikasi. Penulis menggunakan empat langkah berikut dalam melakukan metodologi penelitian, yaitu; pengumpulan data, preprocessing data, analisis sentimen dan klasifikasi data menggunakan metode Naïve Bayes. Penulis juga merancang sistem dan tampilan dari aplikasi. Hasil yang diperoleh adalah F-1 Score, Recall dan Precision pada Instagram lebih tinggi untuk label negative dibandingkan pada TikTok. Nilai akurasi pada Instagram bernilai 54% memiliki performa yang lebih baik dari TikTok yang memiliki nilai akurasi 33%. Sehingga, Instagram dapat direkomendasikan mendapatkan prioritas untuk dikembangkan.

Biografi Penulis

Afrahani Luthfiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknik Informatika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-21