SISTEMATISASI DIAGNOSIS PENYAKIT COVID-19 MENGGUNAKAN DATA MINING DENGAN DECISION TREE

Hendra Hendra, Rashid Ridho

Abstract


Covid-19 yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang menyerang saluran pernafasan sehingga menyebabkan demam tinggi, batuk, flu, sesak nafas serta nyeri tenggorokan. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat bersin. Kriteria orang yang terinfeksi virus corona dengan gejala-gejala demam dengan suhu tubuh lebih dari 38º C, batuk flu, dan nyeri tenggorokan, dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Tetapi beberapa orang takut untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan secara langsung karena mereka masih takut terdiagnosis positif Covid-19. Kurangnya edukasi tentang Covid-19 ini, membuat masyarakat menjadi panik dan kurang koperatif dalam menghadapi pandemi ini. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang dapat melakukan diagnosis dan edukasi tentang penyakit Covid-19 berbasis web. Pada penelitian ini menggunakan metode decision tree untuk mengklasifikasi 125 dataset yang di dapat dari rekam medis RSUD Koja. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat memprediksi positif atau negatif user terdiagnosis Covid-19 berdasarkan jenis kelamin, usia, gejala dan kondisi user. Pengujian dari penelitian ini dihitung dengan menggunakan metode confusion matrix, dengan hasil yang di dapat yaitu nilai akurasi 90%.

References


Adi, N. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java.

Yogyakarta: Andi Offset.

Asy'ari, R. O. (2020). Pengertian Covid-19 Dan Bentuk Partisipasi Dalam Memeranginya. Surabaya: Universitas Negri Surabaya.

Fais, M. N., Susanto, A., & Listyorini, T. (2014, November 2). PENGEMBANGAN SISTEM PARKIR DI UNIVERSITAS MURIA KUDUS DENGAN MENGGUNAKAN ENKRIPSI DATA DAN TEKNOLOGI BARCODE. SIMETRIS, 173-180.

Hermawati, F. (2013). Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No 341. (2020, Juli 13). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung. (2018). Studi Kasus Sistem Berbasis Pengetahuan. Malang: CV. Seribu Bintang.

Rosandy, T. (2016, Mei 01). PERBANDINGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER DENGAN METODE DECISION TREE (C4.5) UNTUK MENGANALISA KELANCARAN PEMBAYARAN. Jurnal TIM Darmajaya, 02, 52-62.

Sidette, J. A., Sediyono, E., & Nurhayati, O. D. (2014). Pendekatan Metode Pohon Keputusan Menggunakan Algoritma ID3 Untuk Sistem Informasi Pengukuran Kinerja PNS. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 75-86.

Sukamto, R., & Sahalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Bandung Informatika.

Yasin, V. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek : Pemodelan, Arsitektur dan Perancangan (Modeling, Architekture and Design). Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.3.177-183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ