Sistem Kontrol Dan Monitoring Berbasis IoT Pada Lampu Dan AC Di Laboratorium Komputer Politeknik Mitra Karya Mandiri

Anton Maulana Ibrahim, Akhmad Solikhin

Abstract


Laboratorium Komputer selain digunakan untuk kegiatan praktikum juga dipakai untuk eksperimen riset ilmiah, komponen-komponen yang ada pada laboratorium komputer perlu pemeliharaan dan kontrol sabaik mungkin termasuk keberadaan lampu penerang ruangan dan AC untuk menjaga suhu ruang tetap sejuk dan nyaman ketika digunakan. Penelitian bertujuan membangun sistem kontrol dan monitoring lampu dan AC di laboratorium Komputer Politeknik Mitra Karya Mandiri sehingga pemantauan lampu dan AC dapat dilakukan secara realtime. Metode pengembangan sistem menggukan model prototype, pada metode ini pengguna dan pengembang berkomunikasi selama proses pembuatan sistem sehingga hasilnya dapat sesuai kebutuhan. Sistem Kontrol dan Monitoring berbasis IoT ini memungkinkan pengecekan Lampu dan AC secara realtime. Perangkat yang digunakan adalah ESP8266 sebagai pengolah data sehingga sistem dapat ditampilkan pada website. Modul relay digunakan untuk mengontrol aliran listrik. Software yang digunakan Arduino Integrated Development Enviroment, Firebase dan Visual Studio Code. Penelitian menghasilkan Sistem Kontrol dan Monitoring Lampu dan AC  berbasis IoT Laboratorium yang dapat dilakukan secara realtime.


References


Perancangan Dan Penerapan Kendali Lampu Ruangan Berbasis IoT (Internet of Things) Android.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) 8(3): 1596–1606.

Pangestu, Anggher Dea, Feby Ardianto, and Bengawan Alfaresi. 2019. “Sistem Monitoring Beban Listrik Berbasis Arduino Nodemcu Esp8266.” Jurnal Ampere 4(1): 187.

Pelaku, Sikap et al. 2022. “Strategi Peningkatan Efisiensi Penggunaan Energi Listrik Melalui Sikap Pelaku




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.2.87-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ