PEMBUATAN PROTOTYPE APLIKASI MIMOPAY DENGAN METODE DESIGN THINKING

Rully Mujiastuti, Tita Indah Sugiharti

Abstract


Penelitian ini mengangkat tema Financial Technology (Fintech) berupa perancangan aplikasi e-wallet yang diberi nama Aplikasi Mimopay. Mimopay merupakan singkatan dari Multiple Money Payment Wallet. Aplikasi Mimopay adalah sebuah perangkat lunak untuk melakukan penukaran dan penggunaan kurs mata uang asing ketika berada di luar negeri. Tema ini diangkat karena adanya permasalahan terkait sulitnya melakukan aktivitas transaksi, menukar mata uang asing dan menyimpan uang ketika berada di luar negeri. Perancangan aplikasi ini dibuat sebagai bahan rekomendasi untuk mitra dalam membuat produk digital financial technology (fintech) berupa aplikasi e-wallet. Penulis membatasi perancangan pada desain User interface (UI) dan User experience (UX) berupa Wireframe, High fidelity (Hi-Fi) dan Prototype serta tools figma dalam membuat rancangannya. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah metode design thinking yang berpusat pada pengguna. Metode ini memiliki beberapa fase yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Usability Testing. Dari hasil testing yang telah dilakukan, didapatkan feedback yang positif dari pengguna yang menjadi partisipan. Selain itu penulis menyimpulkan terdapat 3 masalah ketika testing; diantaranya kesulitan menemukan button register, pengguna tidak menemukan icon live currencies dan copywriting yang membingungkan ketika transfer. Masalah ini kemudian menjadi bahan rekomendasi dan perbaikan selanjutnya.

Kata Kunci: Aplikasi Mimopay, Design Thingking, E-Wallet, Fintech, Prototype

References


(2017, Desember 5). Retrieved from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/jurnal

Are, G. .. (2020). PREDIKSI NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA MENGGUNAKAN METODE HIDDEN MARKOV MODEL . urnal Komputer dan Aplikasi, 44-54.

Kurniawan, B. &. (2022). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. JSIM: Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 1-7.

Muhyidin, M. A. (2022). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Digital Of information Technology (DIGIT), 208-219.

Narastri, M. (2020). FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DI INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM . Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 155-170.

Nur Annisa, F. D. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Wallet OVO dan GOPAY Dengan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 242−251.

PT. Bank OCBC NISP. (2022, Juni 14). https://www.ocbcnisp.com/id/. Retrieved from https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/06/14/money-changer-adalah

Rosmida. (2021). Pengawasan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu. FINTECH, 113-120.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.3.191-198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ