Peningkatan Efisiensi Pendaftaran Pelatihan Kerja Online Melalui Pendekatan PIECES: Kasus Implementasi di Dinas Tenaga Kerja Provinsi DKI Jakarta

Lely Ruswitasari, Ardiansyah Dores

Abstract


Pengembangan aplikasi berbasis web menjadi solusi strategis dalam menyederhanakan dan meningkatkan efisiensi proses pendaftaran serta penyelenggaraan program pelatihan kerja. Dalam era otonomi daerah, pemerintahan daerah diwajibkan untuk menyediakan pelayanan ketenagakerjaan yang sesuai dengan peraturan daerah dan kebutuhan masyarakat. Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta telah berupaya meningkatkan produktivitas dan kompetensi tenaga kerja dengan merancang beragam program pelatihan kerja dan produktivitas. Meskipun begitu, kendala pada sistem pendaftaran yang terpisah untuk setiap kota di Jakarta menghambat partisipasi masyarakat dalam mengikuti program pelatihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan aplikasi pendaftaran pelatihan kerja online berbasis website yang terintegrasi dengan seluruh Pusat Pelatihan Kerja di Daerah DKI Jakarta. Aplikasi ini memberikan keleluasaan kepada calon peserta untuk mendaftar tanpa terbatas oleh geografis, sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program pelatihan kerja. Selain itu, sistem ini mengoptimalkan proses seleksi dan pengiriman informasi kepada calon peserta secara efisien dan tepat waktu, meningkatkan efektivitas penyelenggaraan program pelatihan kerja oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini mengadopsi analisis PIECES (PerformanceInformationEconomyControlEfficiencyService) dalam mengidentifikasi kelemahan sistem yang ada. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Waterfall, dengan tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan pemeliharaan secara berurutan. Penggunaan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL memastikan aplikasi berjalan dengan baik.

References


Rivai, V. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Zaky, M. (2021). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Proses Rekrutmen dan Seleksi Sumber Daya Manusia. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 112-123.

Permana, D. A., & Dewantara, R. Y. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web (Studi pada PT Sumber Abadi Bersama, Gondanglegi, Kabupaten Malang). Jurnal Adm. Bisnis, 56(1), 20-28.

Aziz, T. A. (2017). Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi Terhadap Kinerja. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 56(1), 20-28.

Ranggadara, I., & Suhendra. (2018). Zachman Framework Approach for Designing Recruitment System Modules in HRIS Application (Case Study in PT. Karya Impian Teknologi Abadi). International Journal of Computer Science and Mobile Computing, 7(2), 73-79.

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Energi Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. (2020). Revisi Renstra Disnakertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta 2018-2022. [Online]. Available: https://disnakertrans.jakarta.go.id/uploads/infos/1668994747.pdf. [Accessed 22 09 2022].

Fatta, F. H. A. (2007). Analisa PIECES. In Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern (p. 62). Yogyakarta: ANDI.

Fintri I., Yunita, Dinda Ayu M., Artika S., & Sriyadi. (2019). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Goswami, A., & Dubey, S. K. (2016). A Comprehensive Study of Waterfall Model in Software Development and Testing. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 6(6), 1-7.

Hernanda, R. P., & Nurasiah. (2021). ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JURNAL MAHASISWA BERBASIS WEB PADA STIE BISMA LEPISI. Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 9(1), 41-56.

Hanif Al, F. (2007). Analisa PIECES. In Analisa & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Perusahaan & Organisasi Modern (p. 62). Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.3.167-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ